Transplantasi Rambut Untuk Mengatasi Kebotakan

https://www.infokeperawatan.comPembedahan untuk pencangkokan rambut meliputi transplantasi kulit yang berambut dari bagian samping dan posterior kulit kepala kepada lokasi resipien di daerah yang botak.

Tindakan ini akan mendistribusikan rambut pasien yang masih tersisah dengan cara yang sedapat mungkin alami dan merata di daerah kulit kepala yang botak; pencangkokan ini diakhiri dengan suatu proses yang dinamakan punch grafting, dengan pengurangan kulit kepala (scalp reduction) atau dengan menggunakan berbagai jenis flap.

Punch grafting dilakukan empat kali atau lebih pada unit rawat-jalan; jumlah pelaksanaan prosedur tersebut tergantung pada luas kebotakan pasien. Rambut palsu dan topi tidak boleh digunakan selama sedikitnya satu minggu sesudah pencangkokan.

Scalp reduction atau pengurangan kulit kepala merupakan prosedur pembedahan dengan mengurangi bagian kulit kepala yang botak melalui pembedahan eksisi bertahap.

Biasanya prosedur ini merupakan terapi yang terpilih untuk kebotakan di daerah verteks (puncak kepala) dan verteks anterior.

Flap yang membawa rambut dapat dipindahkan ke daerah yang botak dari daerah di dekatnya. Prosedur ini dapat dilaksanakan dalam beberapa tahap selama beberapa bulan.

Dengan menggunakan flap, 200 hingga 250 helai rambut per sentimeter persegi dengan kerapatan disekitar densitas yang normal dapat dipindahkan.

Jadi, rambut di peroleh seketika begitu flap dirotasi kedaerah kebotakan. Infeksi dan nekrosis tulang dapat mempersulit pembedahan kulit kepala.