Tips untuk Pasien Gangguan Kulit

https://www.infokeperawatan.comMencapai Tidur yang Nyenyak.

Iritasi dan rasa gatal akan mengganggu tidur yang normal. Tindakan berikut untuk meningkatkan kualitas tidur harus dibahas bersama pasien.

1. Mengikuti jadwal tidur yang teratur; pergi tidur pada saat yang sama dan bangun pada saat yang sama pula.

2. Menghindari minuman yang mengandung kafein pada malam hari sebelum waktu tidur.

3. Melaksanakan rutinitas atau ritual sebelum tidur untuk memudahkan peralihan dari keadaan terjaga ke  keadaan tertidur.

4. Melakukan latihan secara teratur.

Di samping itu, kamar tidur harus memiliki ventilasi dan kelembaban yang baik. Tindakan lain untuk meningkatkan kenyamanan kulit dan membantu relaksasi dapat ditemukan dalam Rencana Asuhan Keperawatan.

Meningkatkan Penerimaan Diri.

Penampakan fisik seseorang memberikan pengaruh yang sangat besar dalam masyarakat dan cara bagaimana orang tersebut diperlakukan. perlakuan yang selayaknya diperoleh seseorang kerapkali hanya didapat oleh orang yang tampak menarik.

Kulit yang bersih dan sehat memiliki korelasi yang erat dengan “daya tarik” tersebut sehingga akan mempengaruhi sikap seseorang untuk menghargai diri sendiri.

Penyakit kulit dapat menyebabkan serta emosional dan dapat mempengaruhi hubungan sosial serta bisnis dan aktivitas rekreasi. Sebagai contoh, orang menderita ekzema kerapkali sulit untuk meyakinkan orang lain bahwa penyakitnya itu tidak menular.

Mereka yang kulitnya mengelupas dan bersisik dapat menunjukkan sikap yang berhati-hati sekali ketika harus menemui orang yang baru dikenalnya.

Komentar yang dilontarkan oleh orang yang asing baginya mungkin sulit untuk dihadapinya. Berkurangnya kepercayaan diri, pikiran yang terus terpaku pada kelainan kulitnya, dan kekhawatiran akan timbulnya jaringan perut kerapkali dijumpai di antara para penderita acne. Semua faktor ini dapat menimbulkan emosi yang negatif dalam diri pasien.

Perawat memahami bahwa citra tubuh merupakan konsep psikologik yang kompleks dan berhubungan dengan konsep mental tentang diri sendiri serta sikap menghargai diri sendiri.

Membiarkan pasien untuk mengekspresikan perasaannya dengan bebas akan menimbulkan perasaan didukung dan diterima dalam diri pasien. Sikap saling percaya dan saling menghargai antara pasien dan perawat sangat diperlukan untuk meningkatkan komunikasi.

Memahami Perawatan Kulit.

Pasien yang sudah memperoleh informasi biasanya tidak begitu cemas dan sikapnya lebih kooperatif. Jadi, penyampaian informasi mengenai keadaan penyakit mereka dan pengobatannya dapat memperbesar harapan dan menambah kemampuan mereka untuk menggunakan segala sumber daya secara lebih efektif.

Perawatan mandiri, khususnya perawatan rambut dan kulit, dapat memberikan persepsi yang berbeda pada orang lain mengenai cara-cara pelaksanaannya.

Preparat kosmetik yang tepat dapat membawa manfaat yang sangat bagi seseorang dengan gangguan kulit atau gangguan penampakan kulit yang kronik.

Rujukan pada seorang ahli kosmetologi yang dapat menyamarkan tanda lahir, bintik-bintik pada kulit, jaringan parut dan dermatitis kronik dapat membawa manfaat yang menguntungkan. Orang yang tetap depresi dengan keadaan dirinya dapat dibantu lewat konseling psikologik.