Tips Untuk Menyenangkan Dunia Bayi

https://www.infokeperawatan.comBuatlah Dunia Bayi Anda Lebih Menyenangkan

Bayi anda yang baru lahir pun bisa merasakan semua hal yang anda rasakan. Bahkan pada ketika lahir, bayi sudah bisa melihat, mendengar, mencium, merasakan, dan menyentuh.

Penglihatan 

Bayi lebih memilih untuk melihat wajah. Pada minggu-minggu pertama kehidupan mereka,mereka bisa melihat dengan baik pada jarak 20 sampai 30 cm – yaitu jarak antara wajah anda dengan bayi anda sewaktu anda memegang mereka dengan dekat untuk menyuapinya atau berbicara dengan mereka.

Warna-warna terang, bentuk-bentuk yang bermacam-macam dan benda-benda yang berkilat lebih menarik bagi para bayi dibandingkan dengan warna-warna pucat.

Bayi mungkin dapat mengikuti benda yang bergerak dengan mata mereka untuk beberapa detik. Selama minggu-minggu pertama, kepala mereka bergerak ke samping ketika mereka berbaring. Maka gantungkan mainan disisi tempat tidur bayi, bukan diatas bayi.

Pendengaran

Bayi akan menggerakkan kepala mereka pada sumber suara yang menyenangkan. Mereka lebih memilih suara yang lembut. Sejak hari pertama, kebanyakan bayi sudah dapat mengenali suara ayah dan ibunya. Ketika bayi Anda tidak tenang, musik yang lembut bisa menenangkannnya.

Penciuman

Bayi bereaksi pada bau-bauan.Aroma yang kuat dan tajam membuat bayi menjauhkan kepalanya dan menangis.Setelah berusia satu minggu,para bayi umumnya sudah dapat mengenali aroma ibu mereka.

Sentuhan

Sentuhan sangatlah penting bagi bayi.Kedekatan dan gendongan membantu bayi mengetahui bahwa dunia mereka adalah tempat yang menyenangkan.

Berada dalam pelukan dan mendengar detak jantung Anda membuat bayi merasa aman.Gendong dan pegang bayi Anda kapan saja Anda inginkan. Jangan khawatir memanjakan bayi Anda! Bayi memang seharusnya diperlakukan seperti bayi!

Penelitian menunjukkan bahwa pijatan pada bayi yang lekas marah dapat menenangkan mereka dan membantu mereka tidur lebih baik, dan juga mengurangi hormon-hormon stress.

Bayi prematur yang mendapatkan pijatan mengalami peningkatan berat badan yang lebih cepat dan menunjukkan kemajuan perkembangan yang sangat pesat. Klinik lokal atau rumah sakit kadang menawarkan kelas untuk pijat bayi.

Bayi juga dapat merasakan gerakan sejak dini.Anda dapat memposisikan bayi Anda tengkurap ketika bayi Anda bangun.

Bangun dalam posisi tengkurap sangat baik untuk bayi Anda.Hal ini akan membantu bayi Anda untuk mengembangkan otot-ototnya.