Tips Melindungi Bayi Di Dalam Mobil

https://www.infokeperawatan.comUntuk melindungi bayi Anda, gunakan kursi pengaman pada mobil dengan benar.

1. Taruh bayi di tempat khusus bayi untuk mobil.Untuk bayi yang kecil, hindari tempat duduk mobil dengan perisai/pelindung,karena akan mengakibatkan luka pada kecelakaan.

2. Pastikan tali pengaman pas dan berada di atas pundaknya.Jangan meletakkan selimut tebal di bawah bayi.Apabila udara dingin,taruh selimut diatas sabuk pengaman,supaya tali pengamannya tetap pas pada bayi.

3. Tempatkan tempat duduk itu di tempat duduk belakang,jangan pernah di depan.Tempatkan tempat duduk itu menghadap ke jendela belakang.Kencangkan sabuk pengaman mobil melalui lubangnya.Arahkan pegangan tempat duduknya kearah bawah.

4. Telah banyak tempat duduk khusus bayi dibuat dengan pengaturan sudut yang baik.Apabila milik Anda tidak,betulkan tempat duduk mobil supaya sudut kemiringannya sekitar 45 derajat. Hal ini akan membantu bayi untuk terhindar dari resiko tersedak dan mendukung leher dan punggung bayi. Bila diperlukan, taruh handuk yang sudah digulung dengan kencang dibawah tempat duduk,tepatnya dibawah kaki bayi supaya tempat duduk bayi agak miring kebelakang.

5. Gunakan tempat duduk bayi pada setiap perjalanan.Tempat duduk itu akan melindungi bayi Anda ketika Anda menggunakannya. Anda mungkin seorang pengemudi yang aman dan penuh kehati-hatian,tetapi Anda tidak bisa yakin akan pengemudi lain di jalan.

6. Beberapa mobil keluaran terbaru sudah memiliki tempat duduk bayi di dalamnya. Namun tempat duduk itu khusus untuk anak-anak berusia 1 tahun dan dengan berat minimal 10 kilogram. Jadi sekarang anda masih membutuhkan tempat duduk terpisah untuk bayi anda.

7. Semua tempat duduk anak dalam mobil harus menghadap belakang sampai bayi berusia paling tidak satu tahun. Gunakan tempat duduk bayi sampai berat badan bayi sekitar 10 kilogram. Kemudian anda bisa menggunakan tempat duduk pengaman yang menghadap belakang yang dapat diubah sampai sikecil berusia satu tahun.

Ketika anak anda sudah mencapai berat 20 kilogram atau tumbuh melebihi tempat duduk anak – contohnya, apabila telinga anak anda sudah mencapai tempat duduk yang paling atas – maka indahkan anak anda tempat duduk khusus anak yang sabuk pengamannya dapat diatur.

Karena kantong udara dapat mencelekakan anak / manusia bertubuh kecil, ahli keamanan lalu lintas mengajarkan bahwa semua anak berusia 13 tahun harus duduk dikursi belakang, menggunakan sabuk pengaman dan pengaman pundak.

Tempat dimana anda bisa menyewa tempat duduk pengaman untuk bayi.

Hubungi daerah atau area perkantoran, rumah perawatan atau Palang Merah untuk melihat apakah ada kelompok didaerah anda yang memiliki program penyewaan. Banyak rumah sakit yang memiliki program penyewaan.

Peringatan : hindari bedak talek

Bedak talek dapat menyebabkan radang paru-paru pada bayi. Apabila anda ingin menggunakan bedak bubuk, gunakan yang berbahan dasar tepung jagung, bukan talek.