Strategi Koping Pada Perawatan Luka Bakar

https://www.infokeperawatan.comMemperkuat Strategi Koping

Dalam fase akut perawatan luka bakar, pasien sedang berhadapan dengan realitas trauma luka luka bakar dan berduka karena mengalami kehilangan yang nyata.

Depresi, regresi dan perilaku manipulative merupakan mekanisme koping yang lazim digunakan oleh pasien-pasien luka bakar. Menolak partisipasi yang diperlukan dalam penanganan luka bakar dan perilaku regresi harus dipandang dengan pergentian bahwa perilaku semacam itu akan membantu pasien dalam menghadapi kejadian yang sangat menimbulkan stress ini.

Sebagian besar energy akan tercurah kedalam upaya untuk mempertahankan fungsi fisik yang vital dan kesembuhan luka dalam minggu-minggu pertama pasca luka bakar sehingga hanya sedikit energy yang tersisa bagi fungsi emosional untuk menghadapi masalah dengan sikap yang dewasa dan efektif.

Perawat dapat membantu pasien untuk mengembangkan strategi koping yang efektif dengan menetapkan harapan yang spesifik terhadap perilaku, meningkatkan komunikasi yang jujur untuk membagun hubungan saling percaya, membantu pasien dalam mempraktikkan berbagai strategi yang tepat, dan memberikan dorongan yang posistif bila diperlukan. Yang lebih penting lagi, perawat dan semua anggota tim keperawatan harus menunjukkan sikap yang dapat menerima keadaan pasien.