Sindrom Ramsay Hunt

Sindrom Ramsay Hunt Sindrom Ramsay Hunt terjadi saat infeksi herpes zoster mempengaruhi saraf wajah di dekat salah satu telinga Anda. Selain ruam herpes zoster yang menyakitkan, sindrom ini juga dapat menyebabkan kelumpuhan wajah dan kehilangan pendengaran di telinga yang terkena.

Penyebab
Sindrom Ramsay Hunt disebabkan oleh virus yang sama yang menyebabkan cacar air. Setelah cacar air sembuh, virus tertidur di saraf Anda. Bertahun-tahun kemudian, mungkin aktif kembali. Jika virus tersebut aktif dan mempengaruhi saraf wajah Anda, dapat menyebabkan sindrom Ramsay Hunt.

Gejala
Dua tanda utama dari sindrom Ramsay Hunt adalah:

1. Ruam merah yang menyakitkan dengan lepuh berisi cairan di dalam dan sekitar satu telinga
2. Kelemahan wajah atau kelumpuhan pada sisi yang sama dengan telinga yang terkena dampak

Biasanya, ruam dan kelumpuhan wajah berkembang pada waktu yang sama. Namun dalam beberapa kasus, ruam akan terjadi sebelum kelumpuhan wajah, atau kelumpuhan sebelum ruam.

Jika Anda memiliki sindrom Ramsay Hunt, Anda juga mungkin mengalami:
1. Sakit telinga
2. Gangguan pendengaran
3. Telinga berdenging
4. Kesulitan menutup satu mata
5. Vertigo
6. Perubahan dalam persepsi rasa atau hilangnya rasa

Pengobatan
Pengobatan yang tepat dari sindrom Ramsay Hunt dapat meringankan rasa sakit dan menurunkan resiko komplikasi jangka panjang. Pengobatan dapat meliputi obat antivirus, seperti acyclovir (Zovirax), famciclovir (Famvir) atau valacyclovir (Valtrex) yang sering membantu memerangi virus cacar air.

Dokter mungkin juga akan memberikan kortikosteroid, obat seperti diazepam (Valium) untuk meringankan vertigo atau obat pereda nyeri untuk mengatasi gejalanya.