Sepsis Pada Pasien Luka Bakar

https://www.infokeperawatan.comTanda-tanda sepsis sistemik dini sering meragukan dan memerlukan tingkat kecurigaan yang tinggi serta pemantauan yang sangat ketat terhadap berbagai perubahan dalam status pasien.

Tanda-tanda dini sepsis dapat mencakup peningkatan suhu tubuh, peningkatan frekuensi denyut nadi, pelebaran tekanan nadi, dan kulit yang kering serta mengalami flushing di bagian tubuh yang tidak terbakar. Seperti pada banyak observasi yang dilakukan terhadap pasien luka bakar, kita harus mencari pola atau trend dalam data-data tersebut.

Pemeriksaan kultur luka dan darah dilaksanankan menurut program medic dan hasilnya harus segera dilaporkan kepada dokter. Perawat juga harus mengamati tanda-tanda dini septikemia dan segera melakukan intervensi dengan memberikan cairan infuse serta antibiotic untuk mencegah syok septic yang merupakan komplikasi dengan angka mortalitas yang tinggi.

Antibiotic harus diberikan sebagaimana dijadwalkan untuk mempertahankan konsentrasinya yang tepat di dalam darah. Kadar antibiotic dalam serum harus dipantau untuk memantau bukti tercapainya efektivitas yang maksimal; keadaan pasien harus dipantau untuk mendeteksi efek samping yang toksik.