Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi

https://www.infokeperawatan.comHidup dengan bayi baru mungkin memang agak sedikit merepotkan. Kebutuhan anda ada dibelakang kebutuhan bayi anda.

Tetapi pada bulan kedua, bayi akan mulai berada dalam jadwal yang mudah diduga. Untuk banyak bayi, (akhirnya) walau mereka tidur dimalam hari akan lebih panjang. Anda pun dapat menyusuinya hanya setiap 3-4 jam.

Bayi akan mulai tertarik pada benda-benda, melihat sekeliling, dan mendengarkan suara-suara. Gerakannya mulai lancar dan tidak tersentak-sentak, dia mulai bisa mengontrol kepala dan leher. Mungkin dia mulai bisa menegakkan kepalanya dan mengangkat dada ketika dia sedang tengkurap.

Bayi Anda mungkin sudah bisa berguling dari sisi ke belakang. Jangan meninggalkan bayi anda sendiri dimeja pajangan, meja, atau tempat tidur, karena bayi anda bisa saja terjatuh atau terguling.

Ketika anda benar-benar memperhatikan sang anak, anda akan dibalas dengan senyuman. Senyuman biasanya dimulai pada bulan kedua. Ketika anda tersenyum pada bayi, dia akan membalasnya.

Walaupun bayi Anda masih kecil, dia membutuhkan pujian dan persetujuan. Ketika anda bergembira akan bakat baru bayi anda, sebetulnya dia juga bergembira. Semakin banyak perhatian yang anda berikan, dia akan semakin merespon dan menyenangkan.