Pertimbangan Perawatan Rumah Pasca Bedah Kulit

https://www.infokeperawatan.comPerawat harus memberitahukan kepada pasien tentang efek pascabedah. Edema terjadi selama 48 jam pertama dan dapat menyebabkan kelopak mata terkatup.

Bagian kepala tempat tidur dinaikkan utuk mempercepat drainase cairan. Eritema terjadi dan dapat berlangsung selama beberapa minggu atau bulan. Sesudah 24 jam, kasa dapat dilepas (dengan pentuk dokter).

Kalau mulai terjadi perembesan serum dari kulit, pasien dapat mengoleskan salep yang diresepkan dokter pada muka beberapa kali sehari untuk mencegah pembentukan krustat yang keras dan menjaga daerah kulit yang diabrasi tetap lunak serta lentur.

Membersihkan darah abrasi atau merendam muka dengan air yang steril bisa dimulai dengan persetujuan dokter untuk menghikangkan krusta dari daerah kulit yang mulai sembuh.

Pasien dianjurkan untuk menghindari suhu yang terlalu panas atau dingin dan perbuatan mengejan atau mengangkat beban yang berlebihan karena hal ini dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah halus yang baru terbentuk. Sinar matahari langsung atau tidak langsung harus dihindari 3 hingga 6 bulan, dan preparat tabir surya bisa digunakan.