Perawatan Rumah Untuk Kelainan Folikuler

https://www.infokeperawatan.comPendidikan Pasien dan Pertimbangan Perawatan di Rumah.

Untuk mencegah dan mengendalikan infeksi kulit oleh stafilokokus (bisul, karbunkel) mikroorganisme ini harus dihilangkan dari kulit serta lingkungan sekitarnya. Berbagai upaya harus dilakukan untuk meningkatkan ketahanan tubuh pasien dan menciptakan lingkungan yang higienis.

Jika lesi didrainase secara aktif, kasur serta bantal harus ditutupi dengan lembaran plastik dan dibersihkan dengan larutan disinfektan setiap hari; seprei, handuk serta pakaian harus segera dicuci sesudah setiap kali digunakan, dan pasien dimandikan dengan shower serta dikeramas memakai sabun dan shampo antibakteri untuk jangka waktu yang tidak terbatas, yaitu umumnya selama beberapa bulan.

Pencegahan timbulnya kembali infeksi dapat dilakukan melalui pemberian antibiotik yang diresepkan, seperti pemberian klindamisin oral setiap hari yang dilakukan terus-menerus selama sekitar 3 bulan.

Pasien harus meminumnya dengan dosis penuh selama waktu yang ditetapkan oleh dokter. Eksudat yang purulen (pus) merupakan sumber infeksi ulang atau penularan infeksi kepada orang yang merawat pasien.

Kalau pasien memiliki riwayat infeksi yang rekuren, maka dapat terjadi status karier yang harus diselidiki dan diobati dengan krim antibiotik seperti mupirocin.