Penatalaksanaan Tinea Kapitis atau Jamur Kepala

https://www.infokeperawatan.comTinea Kapitis (Penyakit Jamur Kepala)

Penyakit kulit pada kulit kepala merupakan infeksi jamur menular yang menyerang batang rambut dan penyebab kerontokan rambut yang sering ditemukan di antara anak-anak.

Secara klinis akan dijumpai sebuah atau beberapa buah bercak yang bundar, berwarna merah dan bersisik. Setelah rambut di daerah yang sakit diserang oleh jamur, rambut tersebut menjadi rapuh dan patah pada atau di dekat permukaan kulit kepala sehingga meninggalkan bercak-bercak kebotakan.

Sebagian besar kasus tinea kapitis akan sembuh tanpa pembentukan sikatriks sehingga gejala kerontokan rambut hanya bersifat sementara.

Penatalaksanaan.

Griseofulvin, yang merupakan preparat antifungus, diresepkan dokter bagi pasien-pasien tinea kapitis. Preparat topikal tidak memberikan kesembuhan yang efektif karena infeksi terjadi di dalam batang rambut dan di bawah permukaan kulit kepala.

Kendati demikian, preparat topikal dapat dipakai untuk menghilangkan keaktifan mikroorganisme yang sudah terdapat pada rambut. Preparat ini akan memperkecil kemungkinan penularan dan meniadakan keharusan untuk memangkas rambut.

Namun, rambut yang terinfeksi akan patah sementara rambut yang belum terinfeksi tetap berada pada tempatnya. Rambut harus keramas dua atau tiga kali seminggu, dan preparat antifungus topikal perlu dioleskan untuk mengurangi penyebaran mikroorganisme tersebut.

 Pendidikan Pasien dan Pertimbangan Perawatan di Rumah.

Karena tinea kapitis menular, kepada pasien dan keluarganya harus disarankan untuk melaksanakan tindakan higiene di rumah. Setiap orang harus memiliki sisir serta sikat rambut sendiri dan menghindari pemakaian topi serta penutup rambut lainnya.

Semua anggota keluarga yang terinfeksi dan binatang peliharaan di rumah harus diperiksa karena infeksi dalam keluarga relatif sering terjadi.