Penanganan dan Perawatan Kulit Dengan Pulsed Dye Laser

https://www.infokeperawatan.comPulsed-Dye Laser

Sinar laser dengan panjang gelombang yang bervariasi (tunable pulse-dye laser) merupakan laser mutakhir yang tersedia bagi pembedahan dermatologik.

Jenis laser ini terutama bermanfaat untuk menangani lesi vaskuler kulit (port-wine stains, telangiektasia). Proteksi mata yang digunakan dalam terapi laser organ dan CO2 tidak cukup memberikan perlindungan jika yang digunakan adalah pulse-dye laser.

Kacamata khusus, seperti yang terbuat dari kaca didimium, diperlukan untuk melindungi mata pasien dan semua petugas. Prosedur ini sendiri umumnya tidak menimbulkan nyeri.

Bagi pasien yang memerlukan anastesi, preparat lidokain tanpa epinefrin sudah cukup karena dalam terapi laser ini tidak diperlukan vasokontruksi.

Pendidikan Pasien dan Pertimbangan Perawatan dirumah.

Sesudah pelaksanaan terapi, mungkin timbul rasa seperti “tersengat” pada daerah yang diterapi selama beberapa jam. Kompres es pada daerah tersebut dan pengolesan antibiotik yang diikuti dengan pemasangan balutan yang tidak melekat (Telfa) biasanya akan mengurangi setiap gangguan rasa nyaman.

Jika terbentuk krusta, pasien dianjurkan untuk membasuh daerah terapi dengan sabun serta air dan mengoleskan kembali krim antibiotik dua kali sehari sampai krustanya menghilang.

Preparat tatarias tidak boleh digunakan sebelum smua krusta menghilang. Pajanan matahari harus dihindarkan. Preparat tabir surya dengan SPF 15 atau lebih harus digunakan selama 3 hingga 4 bulan sesudah terapi.

Penghilang total lesi, khususnya port-wine stain, jangan diantisipasi. Kepada pasien seharusnya diberitahu bahwa beberapa kali terapi mungkin diperlukan.