Pasien Gangguan Kulit Dermatologi

https://www.infokeperawatan.comPenatalaksanaan Pasien Gangguan Kulit

Asuhan keperawatan untuk pasien gangguan kulit dermatologi mencakup penggunaan obat-obat topikal serta sistemik, kompres basah, kompres khusus lainnya dan terapi rendaman.

Tujun utama terapi adalah untuk

(1) mencegah kerusakan pada kulit yang sehat,

(2) mencegah infeksi sekunder,

(3) membalikan proses inflamasi, dan

(4) meredakan gejala.

Mencegah Kerusakan pada Kulit Sehat.

Sebagian masalah kulit diperburuk dengan secara nyata oleh pemakaian  sabun dan air. Karena itu, kebiaan mandi yang di lakukan  secara rutin harus diubah menurut keadaan kulit.

Kulit yang terkelupas dengan daerah deskuamasi yang lebar atau kecil sangat rentan untuk mengalami kerusakan karena zat-zat kimia dan trauma.

Jika dilakukan dengan kuat, gesekan handuk cukup memicu respons inflamasi yang akut sehingga setiap lesi yang sudah ada dapat meradang dan meluas.

Jadi, hakekat perawatan dan perlindungan kulit pada saat memandikan penderita kelainan kulit adalah menggunakan sabun bayi yang lembut dan berlemak (superfatted milk soap) atau larutan antiseptik pengganti sabun dan memastikan pembilasan sabun  sebelum mengerikan bagian kulit yang basah dengan handuk yang lembut. Pemakaian sabun deodoran harus dihindari pada pasien-pasien ini.

Perhatian khusus harus diberikan ketika kita hendak mengganti kompres. Kapas yang dicelupkan dalam minyak akan membantu melepaskan krustak (kerak), menghilangkan eksudat atau membebaskan kasa yang kering dan melekat.

Kasa kompres dapat pula dibasahi dengan larutan salin steril atau larutan lain yang diresepkan dokter sehingga kasa tersebut menjadi lunak dan dapat dilepaskan dengan perlahan-lahan.