Metode Untuk Menentukan Luas Luka Bakar

https://www.infokeperawatan.comRumus sembilan (Rule of Nines).

Estimasi luas permukaan tubuh yang terbakar disederhanakan dengan menggunakan rumus sembilan. Rumus sembilan merupakan cara yang cepat untuk menghitung luas daerah yang terbakar. Sistem tersebut menggunakan presentase dalam kelipatan sembilan terhadap permukaan tubuh yang luas.

Metode Lund dan Browder.

Metode yang lebih tepat untuk memperkirakan luas permukaan tubuh yang terbakar adalah metode Lund dan Browder yang mengakui bahwa presentase luas luka bakar pada berbagai bagian anatomik, khususnya kepala dan tungkai, akan berubah menurut pertumbuhan.

Dengan membagi tubuh menjadi daerah-daerah yang sangat kecil dan memberikan estimasi proporsi luas permukaan tubuh untuk bagian-bagian tubuh tersebut, kita bisa memperoleh estimasi luas permukaan tubuh yang terbakar.

Evaluasi pendahuluan dibuat ketika pasien tiba dirumah sakit dan kemudian direvisi pada hari kedua serta ketiga pasca-luka bakar karena garis demarkasi biasanya baru tampak jelas sesudah periode tersebut.

Metode Telapak Tangan.

Pada banyak pasien dengan luka bakar yang menyebar, metode yang dipakai untuk memperkirakan presentase luka bakar adalah metode telapak tangan (palm method).

Lebar telapak tangan pasien kurang-lebih sebesar 1% luas permukaan tubuhnya. Lebar telapak tangan dapat digunakan untuk menilai luas luka bakar.