Merawat Bayi di Bulan Pertama

https://www.infokeperawatan.comSeperti apakah bayi itu ?

Jika bayi anda tidak memiliki rambut yang lebat, bertangan dan berkaki pendek, dan memiliki kepala yang kelihatannya terlalu besar, maka bayi anda normal! Walaupun sang bayi mungkin tidak seperti yang anda harapkan.

Mungkin anda tidak mendapatkan bayi lelaki atau perempuan yang diharapkan, atau mungkin sang bayi hanya tidak cocok dengan gambaran “bayi impian “ yang anda pikirkan ketika pada masa kehamilan atau yang anda lihat di majalah-majalah atau televisi.

Memang membutuhkan waktu untuk membiasakan diri dengan bayi anda. Beberapa orang tua langsung mencintai kedatangan mereka, sedangkan yang lain harus mengenal bayi mereka terlebih dahulu. Semua itu normal saja.

Saat pertama kali memang kadang terasa sedikit menakutkan untuk merawat bayi yang sangat kecil. Namun seiring dengan waktu anda akan mendapatkan kepercayaan diri.

Bantulah Diri Anda Sendiri

Menjadi orang tua adalah suatu perubahan yang menyenangkan, tetapi memang dibutuhkan waktu untuk merasa nyaman dengan peran yang baru tersebut.

Baik orang tua maupun sang bayiakan belajar bersama. Jangan berharap untuk mengetahui bagaimana melakukan segala sesuatunya dengan cepat.

Pada saat minggu-minggu pertama setelah bayi anda lahir, anda mungkin akan terkejut dengan mudahnya emosi andah berubah. Anda mungkin tiba-tiba merasa sedih atau bahkan menangis tanpa alasan yang jelas sama sekali.

Untuk para ibu, perasaan-perasaan ini umumnya merupakan salah satu bagian dari proses tubuh kembali menjadi normal. Disisi lain, anda bisa saja merasa bersemangat atau pun bangga.

Pada saat seperti itu, buatlah hari-hari anda semudah mungkin. Ketika anda mengalami hari-hari yang sulit, bicaralah dengan seseorang yang dekat dengan anda.