Meningkatkan Integritas Kulit Pasien Psoriasis

https://www.infokeperawatan.comMeningkatkan Integritas Kulit

Untuk menghindari cedera kulit, pasien harus dinasihati agar tidak mencubit atau menggaruk daerah yang sakit. Tindakan untuk mencegah kekeringan kulit perlu dianjurkan karena kulit yang kering akan memperburuk keadaan psoriasis.

Tindakan yang membasu lesi yang terlampau sering akan menabah rasa sakit dan pembentukan sisik. Air yang harus hangat dan tidak panas; kulit harus dikeringkan dengan cara menepuknya dengan memakai handuk dan bukan menggosoknya kuat-kuat.

Preparat emolien memiliki efek pelembab dengan menimbulkan lapisan oklusif pada permukaan kulit sehingga kehilangan air yang normalnya akan terjadi dan dapat dihambat dengan demikian air yang terperangkap itu akan menciptakan hidrasi stratum korneum.

Larutan pembersih emolien atau bath oil dapat menambah rasa nyaman pada luka dan mengurangi pembentukan sisik. Pelunakan kulit dapat mencegah timbulnya fissura.

Memperbaiki Konsep Diri dan Citra Tubuh.

Hubungan terapeutik antara prefesional pelayanan kesehatan dan penderita psoriasis merupakan hubungan yang mencakup pendidikan serta dukungan.

Setelah hubungan tersebut diciptakan, pasien harus memiliki keyakinan diri dan pemberdayaan dalam melaksanakan program terapi serta menggunakan strategi koping yang membantu mengatasi perubahan pada konsep diri serta citra tubuh yang ditimbulkan oleh penyakit posriasis tersebut.

Pengenalan terhadap strategi koping yang berhasil dijalankan oleh penderita psoriasis lainnya dan sasaran-sasaran untuk mengurangi atau menghadapi situasi penuh setres dirumah, sekolah atau tempat kerja akan memfasilitasi ekspektasi pasien yang lebih positif dan kesediaanya untuk memahami sifat penyakit kronik itu.