Mengobati Alopesia Androgenik

https://www.infokeperawatan.comAda ratusan produk yang dijual bebas dari toko-toko obat dengan pernyataan bahwa produk tersebut dapat meningkatkan pertumbuhan rambut atau penghambat kerontokan rambut.

Banyak diantara produk ini berharga mahal dan menghabiskan banyak waktu untuk memakainya, padahal evektivitasnya untuk memulihkan rambut yang rontok jarang terlihat. Persoalan ini dapat mengakibatkan distres emosional, kekecewaan dan pemborosan yang sangat besar.

Preparat topikal minoksidil 2% (Rogaine) merupakan satu-satunyan obat yang disetujui oleh FDA (Food and Drug Administration) di A.S untuk pengobatan alopesia androgenetik.

Preparat tersebut dioleskan pada kulit kepala dua kali sehari. Sebelum pertumbuhan kembali rambut terlihat secara nyata diperlukan waktu sedikitnya setahun dengan terapi yang konstan.

Efek samping terapi mencakup dermatitis kontak alergika dan folikulistis. Pertumbuhan rambut hanya terjadi jika terapi berlanjut; karena itu penggunaan minoksidil jangka panjang dapat menjadi sangat mahal.

Preparat topikal tertinoin, yang digunakan sebagai preparat tunggal atau dalam bentuk kombinasi dengan monoksidil, telah dipelajari untuk meneliti efeknya pada pertumbuhan rambut kembali.

Terapi kombinasi padanya memberikan manfaat yang lebih potensial ketimbang terapi dengan tretinoin saja. Kendati demikian, efek samping yang berupa iritasi kulit kepala dan foto sensitivitas, akan menjadi faktor yang membatasi akseptibilitas preparat ini.

Rambut palsu yang menampakan merik juga sudah dibuat dan dikembangkan sehingga pemakaiannya akan merasa lebih aktraktif.