Mengenal Tumor Karsinoid

Mengenal Tumor KarsinoidTumor karsinoid adalah jenis kanker yang tumbuh dengan lambat dan dapat timbul di beberapa tempat di seluruh tubuh Anda. Tumor karsinoid berkembang pada sel neuroendokrin, yang biasanya muncul di saluran pencernaan (usus buntu, lambung, usus kecil, usus besar, rektum) dan di paru-paru. Tumor karsinoid dapat menghasilkan dan melepaskan hormon ke dalam tubuh Anda dan menyebabkan tanda dan gejala seperti diare atau kulit memerah.

Penyebab
Tidak jelas apa yang menyebabkan mutasi hingga menyebabkan tumor karsinoid. Tumor karsinoid berkembang pada sel neuroendokrin. Sel neuroendokrin ditemukan dalam berbagai organ di seluruh tubuh yang melakukan beberapa fungsi sel saraf dan beberapa fungsi endokrin yang memproduksi hormon sel. Beberapa hormon yang diproduksi oleh sel neuroendokrin adalah adrenalin, serotonin dan histamin.

Gejala
Dalam banyak kasus, tumor karsinoid tidak menimbulkan tanda atau gejala. Ketika tumor karsinoid terjadi, tanda dan gejala biasanya samar-samar dan tergantung pada lokasi tumor. Tanda dan gejala tumor karsinoid meliputi: 1. Nyeri perut 2. Obstruksi usus 3. Nyeri dada 4. Batuk 5. Batuk darah 6. Sesak napas 7. Detak jantung cepat 8. Diare 9. Pendarahan dubur 10. Rektal sakit 11. Pneumonia berulang 12. Kemerahan atau rasa hangat di wajah dan leher.

Pengobatan
Pengobatan dapat meliputi: 1. Operasi Bila terdeteksi dini, tumor karsinoid bisa dihapus sepenuhnya melalui operasi. Jika tumor karsinoid telah parah, penghapusan lengkap mungkin tidak mungkin dilakukan. Dalam beberapa kasus, ahli bedah mungkin mencoba untuk menghapus sebanyak mungkin tumor yang ada untuk membantu mengontrol gejalanya. Jenis operasi yang dilakukan tergantung pada ukuran dan lokasi tumor karsinoid Anda. 2. Radiasi dan kemoterapi Radiasi dan kemoterapi umumnya tidak efektif dalam mengobati tumor karsinoid, tetapi dapat membantu meringankan beberapa gejala yang lebih serius yang disebabkan oleh tumor karsinoid.