Mendukung Perawatan Rumah Pasien dan Keluarga

https://www.infokeperawatan.comMendukung Pasien dan Proses dalam Keluarga

Fungsi keluarga akan terganggu dengan terjadinya luka bakar. Salah satu tanggung jawab keperawatan adalah mendukung pasien serta keluarganya dan mencurahkan perhatiannya kepada kekhawatiran pasien yang diutrakan dengan kata-kata maupun tidak.

Anggota keluarga memerlukan informasi mengenai cara-cara mereka untuk dapat mendukung pasien ketika sudah timbul adaptasi terhadap trauma luka bakar. Keluarga juga memerlukan dukungan oleh tim perawatan kesehatan.

Luka bakar memberikan dampak fisiologik, ekonomik dan praktikal yang luar basa pada pasien dan keluarganya. Rujukan kepada unit pelayanan social atau konseling psikologi harus dilakukan jika diperlukan. Dukungan ini perlu berlanjut sampai fase pemulihan.

Pendidikan Pasien dan Pertimbangan Perawatan di Rumah.

Pasien luka bakar sering dikirim ke rumah sakit khusus luka bakar yang lokasinya jauh dari rumah. Karena luka bakar merupakan kejadian yang tidak terduga, peranan keluarga dapat terganggu.

Dengan demikian, baik pasien maupun keluarganya memerlukakn informasi yang benar mengenai peralatan luka bakar pasien dan proses penatalaksanaanya yang diperkirakan.

Kita harus menilai kemampuan pasien serta keluarganya untuk menangkap materi penyuluhan tersebut dan tidak memberikan informasi sebelum mereka mampu menghadapinya.

Untuk menguatkan kembali materi penyuluhan, informasi yang disampaikan lewat kata-kata harus dilengkapi dengan pemutaran video, peragaan model atau penyampaian materi yang tercetak jika tersedia. Pendidikan pasien dan keluarganya tetap menjadi prioritas dalam fase rehabilitasi.