Masalah Kurang Tidur Dikaitkan Dengan Kesehatan

Kurang tidur telah dikaitkan dengan beberapa masalah kesehatan seperti obesitas, depresi, melemahnya kekebalan dan terganggunya produksi hormon. Untuk itu cermatilah tanda-tanda yang menunjukkan bahwa tubuh Anda butuh tidur. Tidur sama pentingnya dengan makan. Meski belum mengantuk, biasanya tubuh akan menunjukkan tanda-tanda yang meminta Anda harus segera tidur.

Berikut beberapa tanda-tanda sebaiknya Anda harus segera tidur:

Makan berlebihan
Bila pada beberapa orang kurang tidur bisa menyebabkan hilangnya nafsu makan, maka beberapa yang lain justru merasakan dampak sebaliknya, yaitu makan secara berlebihan.

Kelelahan
Kelelahan adalah efek nyata karena kualitas tidur yang tidak baik. Minum minuman berkafein atau minuman energi hanya akan membantu untuk sementara, setelah itu rasa lelah dan kantuk dengan akan datang setelah beberapa waktu.

Lekas marah
Jika merasa terus-menerus kesal dan orang lain tampak terlalu mengganggu, hal itu mungkin bukan kesalahannya. Perasaan lekas marah dan kesal bisa terjadi karena Anda terlalu frustrasi dengan kurang tidur.

Tidak merasa lapar di siang hari
Jika merasa tidak lapar saat makan siang, berarti ada sesuatu yang salah dengan tidur Anda. Tidak lapar di siang hari adalah reaksi aneh yang terjadi dalam tubuh karena jam biologis ‘marah’ atau menjadi tidak normal.

Kurang fokus
Kurang tidur juga dapat merusak konsentrasi. Orang yang kurang tidur bisa saja memeriksa surat dua kali atau mengunjungi situs yang sama dalam 5 menit terakhir. Juga tidak bisa fokus dengan apa yang sedang dikerjakannya.