Konsep dan Teori Keperawatan Henderson

INFOKEPERAWATAN.COM – Virginia Henderson mendefinisikan keperawatan sebagai penolong individu, saat sakit atau sehat yang bertujuan untuk kesehatan, pemulihan, atau kematian yang damai dan individu akan dapat melakukannya sendiri jika mereka mempunyai kekuatan, keinginan, atau pengetahuan.

Henderson dalam teorinya mengategorikan empat belas kebutuhan dasar manusia dan mengikutsertakan fenomena dari ruang lingkup klien yaitu fisiologis, psikologis, sosiokultural, spiritual, dan perkembangan.

Model konsep keperawatan dijelaskan Virginia Henderson adalah model konsep aktivitas sehari-hari dengan memberikan gambaran tugas perawat yaitu mengkaji individu baik yang sakit ataupun sehat dengan memberikan dukungan kepada kesehatan, penyembuhan serta agar meninggal dengan damai.

Virginia Henderson (1966) mengidentifikasi 14 komponen dalam asuhan keperawatan dasar (basic nursing care) pada tingkat asuhan individual, mengacu kepada aktivitas dalam kehidupan sehari-hari dari seseorang.

Teori Keperawatan Henderson

Teori Henderson berfokus pada individu yang berdasarkan pandangannya, yaitu bahwa jasmani (body) dan rohani (mind) tidak dapat dipisahkan.

Menurut pendapat Henderson, manusia dalah unik dan tidak ada dua manusia yang sama. Kebutuhan dasar individu tercermin dalam 14 komponen dalam asuhan keperawatan dasar (basic nursing care).

Menurut Henderson, tugas unik perawat adalah membantu individu-baik dalam keadaan sakit maupun sehat-melalui upayanya melaksanakan berbagai aktivitas guna mendukung kesehatan dan penyembuhan individu atau proses meninggal dengan damaia, dapat dilakukan secara mandiri oleh individu saat ia memiliki kekuatan, kemampuan, kemauan, atau pengetahuan untuk itu.

Virginia Henderson (1966) mengidentifikasi 14 komponen dalam asuhan keperawatan dasar (basic nursing care) pada tingkat asuhan individual, mengacu kepada aktivitas dalam kehidupan sehari-hari dari seseorang; perawat membantunya dengan fungsi-fungsi ini, atau mmebuat kondisi sehingga memungkinkan ia melakukan hal-hal tersebut.