Keloid Pada Kelainan Penyembuhan Luka Bakar

https://www.infokeperawatan.comKeloid.

Pada sebagian pasien yang lain, masa jaringan Parut yang besar dan bertumpuk akan terjadi dan dapat meluas sampai di luar permukaan luka. Massa ini dinamakan keloid.

Keloid cenderung ditemukan pada orang yang kulitnya berpigmen (berwarna gelap), tumbuh di luar tepi luka dan lebih kasar kemungkinannya untuk timbul kembali sesudah dilakukan eksisi.

Kegagalan untuk sembuh.

Kegagalan luka untuk sembuh dapat disebabkan oleh banyak factor yang mencakup infeksi dan nutrisi yang tidak adekuat. Kadar albumin serum di bawah 2 mg/dI biasanya menjadi salah satu factor yang mengganggu kesembuhan pada pasien luka bakar.

Kontraktur.

Kontraktur merupakan masalah lain yang dikhawatirkan terjadi ketika luka bakarnya sembuh. Jaringan tubuh yang terbakar akan memendek karena gaya yang ditimbulkan oleh sel-sel fibroblast dan fleksi otot dalam proses kesembuhan luka yang alami.

Gaya lawan yang ditimbulkan oleh bidai, traksi dan pengaturan posisi serta latihan gerak yang bertujuan harus digunakan untuk melawan deformitas pada luka bakar yang mengenai persendian.