Hentikan Menopause Dengan Transplantasi Ovarium

Hentikan Menopause Dengan Transplantasi OvariumMenopause adalah proses alami yang pasti dialami oleh semua perempuan pada usia tertentu. Tapi studi menemukan proses menopause bisa dihentikan dengan transplantasi ovarium.

Para dokter mengungkapkan transplantasi ovarium bisa membantu menghentikan menopause dan memperpanjang kesuburan. Kondisi ini bisa tetap efektif setidaknya untuk kurun waktu 7 tahun.

Dalam studi ini dokter melakukannya pada 3 perempuan yang menerima transplantasi ovarium dan berhasil melahirkan anak. Hasil temuan ini akan dipublikasikan dalam Reproductive Biomedicine Online.

“Hasil studi ini menawarkan asuransi baru untuk tujuan kesuburan melalui transplantasi ovarium,” ujar Gedis Grudzinskas, konsultan ginekologi dari Harley Street, seperti dikutip dari MedIndia.

Meskipun hasil studi ini memberikan dampak yang positif untuk menghentikan menopause dan memperpanjang kesuburan, tapi dibutuhkan studi dalam skala besar yang melibatkan lebih banyak perempuan.

Menopause adalah berhentinya siklus menstruasi yang biasa dialami wanita setiap bulan. Wanita yang sudah menopause juga sudah tidak bisa hamil lagi serta menopause akan mengalami kekurangan hormon estrogen.

Berikut ini beberapa gejala dari menopause yang bisa dialami oleh perempuan antara lain:
1. Gangguan di saluran kemih serta vagina
2. Susah tidur
3. Badan merasa tinyak nyaman
4. Sering muncul pegal-pegal dan sakit punggung
5. Vagina kering
6. Wajah dan leher memerah rasanya seperti terbakar

Ini semua terjadi akibat perubahan hormon yakni menurunnya hormon estrogen. Hormon estroge pada wanita berfungsi menjaga kadar kalsium dalam tulang dan menjaga kadar kolesterol baik dalam darah.