Gejala dan Penyebab Penyakit Sindrom Sweet

Definisi
Sindrom Sweet – juga dikenal sebagai demam akut dermatosis neutrophilic – adalah suatu kondisi kulit yang ditandai dengan demam dan lesi kulit yang menyakitkan yang muncul terutama pada, wajah lengan dan leher. Penyebab pasti sindrom Sweet tidak selalu diketahui. Pada beberapa orang, hal itu dipicu oleh penyakit, infeksi atau obat tertentu. Sindrom manis juga dapat terjadi dengan beberapa jenis kanker. Paling sering, sindrom Manis akan jelas dengan sendirinya dalam beberapa bulan atau sekali penyebab yang mendasari diselesaikan atau dihilangkan. Penyembuhan jauh lebih cepat dengan pengobatan.

Gejala
Tanda-tanda paling jelas dari sindrom Sweet adalah lesi kulit yang khas yang biasanya berkembang sesuai pola ini:
• Serangkaian benjolan merah kecil muncul tiba-tiba, wajah leher lengan, atau punggung, sering setelah demam atau infeksi pernapasan bagian atas.
• Para benjolan tumbuh dengan cepat dalam ukuran, menyebar ke kelompok yang disebut plak yang mungkin hingga satu inci atau lebih dengan diameter.
• Letusan lunak atau menyakitkan dan dapat mengembangkan lepuh, pustula atau bahkan borok.
• Lesi dapat bertahan selama berminggu-minggu sampai berbulan-bulan dan kemudian menghilang sendiri, tanpa obat. Dengan pengobatan medis, Anda mungkin bebas dari lesi kulit hanya dalam beberapa hari.
Tanda-tanda lain dan gejala sindrom Sweet mungkin termasuk:
• Sedang sampai demam tinggi sebelum lesi kulit
• Bunga mata (konjungtivitis) atau sakit mata
• Kelelahan
• Sakit sendi dan sakit kepala
• Mulut ulkus
Ketika ke dokter
Sindrom Sweet jarang. Ketika itu terjadi, sering berkembang setelah infeksi saluran pernapasan atas. Jika Anda mengembangkan ruam merah yang cepat tumbuh dalam ukuran segera setelah bergulat dengan radang tenggorokan atau infeksi pernafasan bagian atas, lihat dokter Anda untuk perawatan yang tepat. Meskipun ruam pada akhirnya dapat menghilang tanpa pengobatan, obat yang tepat dapat membuat ruam pergi hanya dalam beberapa hari. Sindrom manis juga bisa menjadi reaksi terhadap kondisi yang lebih serius, seperti leukemia, atau obat tertentu.

Penyebab
Meskipun sindrom Sweet mungkin berhubungan dengan infeksi, kondisi itu sendiri tidak menular. Sindrom Sweet biasanya dibagi menjadi tiga kategori, tergantung pada asosiasi nya:
• Idiopatik (klasik). Dalam kebanyakan kasus, penyebab dari sindrom Sweet tidak diketahui (idiopatik). Sindrom idiopatik Sweet dominan mempengaruhi perempuan antara usia 30 dan 50, dan sering didahului oleh saluran pernapasan atas atau infeksi pencernaan. Ini juga telah berhubungan dengan kehamilan dan penyakit inflamasi usus.
• Keganasan terkait. Pada sekitar 20 persen dari kasus, sindrom Sweet dikaitkan dengan kanker (keganasan), paling sering leukemia akut. Beberapa kasus mungkin berhubungan dengan tumor padat, seperti payudara atau kanker usus besar. Sindrom manis bisa terjadi sebagai tanda awal kanker, setelah diagnosis atau sebagai tanda kekambuhan. Demam sering hadir namun lesi kulit biasanya tidak didahului oleh infeksi saluran pernapasan atas, seperti halnya dengan sindrom idiopatik Sweet. Sindrom keganasan terkait Sweet tampaknya mempengaruhi laki-laki dan perempuan sama-sama tapi di antara orang dewasa yang lebih tua, itu lebih mungkin terjadi pada wanita.
• Obat-diinduksi. Meskipun sindrom jarang, Manis mungkin terjadi sebagai reaksi terhadap obat, umumnya kepada granulocyte colony-stimulating factor, persiapan hormon yang dirancang untuk meningkatkan darah putih jumlah sel Anda. Obat lain yang terkait dengan sindrom Sweet termasuk antibiotik tertentu, kontrasepsi oral, diuretik dan obat anti-epilepsi, antara lain. Setelah obat dihentikan menyinggung, sindrom Sweet biasanya hilang.

Faktor risiko
Manis sindrom adalah jarang, tetapi faktor tertentu meningkatkan risiko Anda, termasuk:
• Menjadi seorang wanita. Wanita jauh lebih mungkin untuk memiliki sindrom idiopatik manis daripada pria.
• Menjadi antara 30 dan 50 tahun. Meskipun orang dewasa dan bahkan bayi dapat mengembangkan sindrom Sweet, kondisi terutama mempengaruhi perempuan antara usia 30 dan 50.
• Memiliki masalah kesehatan lainnya. Sindrom manis sering mengikuti infeksi saluran pernapasan atas, dan banyak orang melaporkan memiliki gejala seperti flu sebelum ruam muncul. Sindrom manis juga dapat dikaitkan dengan sejumlah penyakit lainnya, termasuk penyakit radang usus, infeksi sistemik tertentu dan kanker.
• Menjadi hamil. Beberapa wanita hamil mengalami sindrom Sweet mereka selama trimester pertama atau kedua. Dalam kasus ini, kondisi biasanya membersihkan tanpa pengobatan.
• Sebuah riwayat kondisi tersebut. Sindrom Sweet cenderung kambuh. Sekitar sepertiga orang yang memiliki sindrom Manis sekali mendapatkannya lagi.

Komplikasi
Ada risiko dari lesi kulit yang terinfeksi. Ikuti rekomendasi dokter Anda untuk merawat kulit yang terkena. Aspek yang paling menantang dari sindrom Sweet mungkin dalam berurusan dengan kambuh, yang terjadi pada sekitar sepertiga kasus. Tanda dan gejala dapat muncul kembali, terutama bila perawatan adalah meruncing terlalu cepat. Jadilah tertentu untuk mengikuti rencana pengobatan Anda persis seperti yang dokter Anda merekomendasikan.
Mempersiapkan untuk janji pertemuan Anda
Dokter keluarga Anda atau dokter umum mungkin merujuk Anda ke dokter kulit untuk diagnosis dan pengobatan sindrom Sweet. Jika tes menunjukkan kondisi yang mendasarinya, Anda juga akan dirujuk ke spesialis yang tepat, seperti pencernaan atau onkologi. Karena janji dapat singkat dan sering ada banyak tanah untuk menutupi, itu dapat membantu untuk dipersiapkan dengan baik. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda bersiap-siap untuk janji pertemuan Anda dan apa yang diharapkan dari dokter Anda.
Apa yang dapat Anda lakukan
• Tuliskan semua tanda dan gejala – bahkan mereka yang tampaknya tidak berhubungan dengan ruam Anda. Sindrom manis bisa menjadi tanda beberapa penyakit, jadi penting bahwa dokter Anda tahu semua gejala Anda. Sertakan informasi pribadi penting, seperti tekanan besar atau perubahan kehidupan baru-baru ini.
• Buatlah daftar semua obat, termasuk vitamin, herbal dan over-the-counter obat-obatan, bahwa Anda mengambil. Bahkan lebih baik, mengambil botol asli dan daftar tertulis dari dosis dan arah.
• Jika memungkinkan, bawalah anggota keluarga atau teman. Ini bisa sulit untuk menyerap semua informasi yang diberikan kepada Anda selama janji. Orang yang menyertai Anda mungkin ingat sesuatu yang Anda lupa atau tidak terjawab.
• Tuliskan pertanyaan yang ingin Anda tanyakan dokter Anda. Jangan takut untuk bertanya atau berbicara ketika Anda tidak memahami sesuatu dokter mengatakan. Mulailah dengan masalah-masalah yang paling perhatian Anda. Jika Anda kehabisan waktu, mintalah untuk berbicara dengan perawat atau asisten dokter atau meninggalkan pesan untuk dokter Anda.
Jika Anda memiliki gejala sindrom Sweet, pertanyaan yang mungkin ingin bertanya meliputi:
• Apa yang mungkin menyebabkan ruam saya?
• Apa tes yang saya perlukan untuk mengkonfirmasi diagnosis?
• Apakah kondisi ini sementara atau kronis?
• Apa tindakan terbaik?
• Apa saja alternatif untuk pendekatan pengobatan utama yang Anda sarankan?
• Saya tidak suka gagasan mengambil steroid. Apakah ada obat lain yang bisa memberi?
• Apakah ada alternatif generik untuk obat resep Anda saya?
• Bagaimana jika saya hanya menunggu untuk melihat apakah tanda-tanda dan gejala saya pergi sendiri?
Apa yang harus diharapkan dari dokter Anda
Dokter Anda mungkin meminta Anda sejumlah pertanyaan, seperti:
• Kapan gejala mulai?
• Apakah mereka datang tiba-tiba atau bertahap?
• Apa yang terlihat seperti ruam ketika pertama kali muncul?
• Apakah ruam yang menyakitkan?
• Apa, jika ada, membuat lebih baik?
• Apa, jika ada, membuat lebih buruk?
• Apakah Anda sakit sebelum ruam mulai?
• Apakah Anda memiliki gejala lain yang dimulai sekitar waktu yang sama?
• Obat apa yang Anda ambil?

Tes dan diagnosis
Dokter kulit Anda biasanya dapat mendiagnosis sindrom Sweet hanya dengan melihat lesi. Tapi kau mungkin memiliki tes tertentu untuk menyingkirkan kondisi-kondisi yang memiliki gejala yang sama dan untuk mencari penyebab yang mendasari. Tes ini meliputi:
• Tes darah. Sebuah sampel kecil dari darah Anda dapat dikirim ke laboratorium di mana itu diperiksa jumlah yang sangat besar sel darah putih dan kelainan darah tertentu.
• Jaringan sampel. Dokter Anda dapat menghapus sepotong kecil jaringan yang terkena (biopsi) untuk pemeriksaan dibawah mikroskop. Jaringan dianalisis untuk menentukan apakah ia memiliki kelainan karakteristik sindrom Sweet. Daerah mana sampel diambil adalah mati rasa, dan sepotong kecil kulit dihapus dengan suatu alat yang terlihat seperti cetakan kue kecil – sebuah prosedur yang disebut biopsi punch. Anda tidak akan perlu dijahit, dan sayatan harus sembuh tanpa jaringan parut.

Perawatan dan obat-obatan
Jika tidak diobati, Sweet sindrom tidak terkait dengan kondisi yang lebih serius dapat hilang dengan sendirinya dalam waktu 1-3 bulan. Obat-obatan dapat memperbaiki lesi kulit dan gejala yang terkait hanya dalam dua atau tiga hari, dengan yang terburuk dari lesi menghilang dalam waktu satu sampai empat minggu. Hal ini berlaku bahkan untuk sindrom keganasan terkait Sweet, walaupun pengobatan atau remisi dari kanker terkait akan membantu juga. Dengan atau tanpa pengobatan, lesi jarang meninggalkan tanda atau bekas luka ketika mereka akhirnya menghilang. Dokter Anda mungkin menyarankan pengobatan terus karena kekambuhan kondisi umum.

Obat-obatan
Kortikosteroid sistemik (prednison atau prednisolon) umumnya sangat efektif dalam mengobati sindrom Sweet. Anda biasanya mengambil anti-inflamasi obat oral untuk sekitar empat sampai enam minggu. Kortikosteroid topikal dapat digunakan untuk menyediakan bantuan langsung pembengkakan. Lain obat baris pertama dokter Anda mungkin menggunakan termasuk terapi kalium iodida, yang Anda mengambil sebagai tablet oral atau tetes, dan colchicine, yang memiliki sifat anti-inflamasi. Ikuti instruksi dokter anda persis ketika mengambil obat tersebut dan pastikan dokter Anda tahu tentang obat lain Anda mengambil, untuk menghindari interaksi obat berbahaya.

Gaya Hidup dan rumah obat
Jika Anda memiliki sindrom Sweet, penting untuk merawat kulit Anda dengan lembut. Langkah-langkah ini dapat membantu mengurangi cedera tambahan untuk kulit:
• Hindari cedera pada kulit Anda. Pakailah pakaian pelindung jika Anda berpikir Anda mungkin melukai atau merusak kulit Anda.
• Oleskan tabir surya. Gunakan tabir surya dengan faktor perlindungan matahari (SPF) 15 atau lebih sebelum Anda kepala di luar ruangan.