Dimana dan Bagaimana Bayi Tidur

https://www.infokeperawatan.comDi Amerika, kebanyak bayi tidur ditempat tidur mereka sendiri. Dibanyak bagian di dunia, bayi-bayi tidur ditempat tidur orang tua mereka.

Beberapa orang tua yang berasal dari Amerika, memilih untuk tidur bersama bayi mereka, karena lebih nyaman untuk para ibu yang menyusui dan para bayi juga merasa nyaman berada didekat dengan orang tuanya.

Dengan menemani para bayi tidur, sebetulnya ada bahaya yang nyata seperti mati lemas kekurangan napas ( suffocation ) atau tercekik ( strangulation ), seperti yang telah diperlihatkan oleh beberapa penelitian baru-baru ini.

Bayi kemungkinan mengalami kesulitan bernafas bila terjebak dibawah bantal atau selimut, atau jika oran tua berguling keatas bayi.

Bayi juga bisa terpeleset kebawah diantara kasur dan tembok atau benda lain, atau terjatuh dati tempat tidur.

Tempat tidur orang dewasa tidak didesain dengan mempertimbangkan keamanan bayi. Beberapa bukti memperlihatkan bahwa bayi yang tidurnya sering ditemani, tidurnya lebih sering terganggu, dan hal ini akan membuat mereka lebih tertekan.

Ide terbaik adalah memindahkan tempat tidur bayi ke kamar anda. Para peneliti tidak menemukan hal yang salah dengan tidurnya bayi dikamar anda.

Hal ini akan membantu bayi untuk merasa aman dan membentuk ikatan yang kuat dengan orang tua. Saat ini Akademi Pediatrik Amerika ( American Academy of Pediatric – AAP ) menganjurkan supaya para bayi tidak tidur ditempat tidur orang tua, tetapi tidur ditempat tidur bayi yang diletakkan didalam kamr orang tua karena hal ini bisa mengurangi resiko terjadinya Sindrom Kematian Mendadak pada Bayi ( Sudden Infant Death Syndrome – SIDS ). Bayi sebaiknya tidak disofa, atau mebel apa saja dengan bantal kecil yang lembut atau tempat tidur air.