Dermabrasi Atau Penyerutan Kulit

https://www.infokeperawatan.comDermabrasi (penyerutan kulit) adalah suatu bentuk abrasi kulit yang digunakan untuk mengoreksi pembentukan parut karena akne, penuaan dan kerusakan kulit akibat matahari.

Alat yang khusus (sikat kawat yang digerakan dengan motor, cakram atau piringan yang dibubuhi berlian, roda yang bergerigi) digunakan dalam prosedur ini.

Epidermis dan sebagian lapisan superfifial dermis dilepaskan sementara bagian dermis yang tersisa dalam jumlah yang cukup dibiarkan untuk memungkinkan reepitelisasi bagian yang diterapi. Hasil yang terbaik dicapai pada kulit wajah karena daerah ini kaya dengan unsur-unsur epitel intradermal.

Persiapan dan Prosedur.

Alasan utama untuk melaksanakan dermabrasi adalah memperbaiki penampakan. Dokter bedah menjelaskan kepada pasien apa yang diharapkan dari tindakan demabrasi.

Kepada pasien juga harus diinformasikan tentang sifat kasa pembalut yang dikenakan sesudah operasi, gangguan rasa nyaman apa yang dapat dialami dan berapa lama waktu yang akan diperlukan jaringan sebelum jaringan kulit terlihat kembali.

Dermabrasi dapat dilakukan pada tempat praktek dokter, kamar operasi atau klinik rawat-jalan. Dermabrasi dilakukan dengan anestesi lokal atau umum.

Selama prosedur tersebut dilaksanakan, sebagian dokter bedah plastik mengunakan anestesi pendingin (refrigeran) untuk merubah kulit massa pada jaringan kaku yang mengalami patirasa di samping untuk memberikan lapangan bedah yang secara temporer tidak berdarah.

Selama dan sesudah penyerutan, daerah tersebut diirigasi dengan larutan saline dalam jumlah yang banyak untuk medan operasi. Kasa pembalut yang sudah dibubuhi salep biasanya dibalutkan pada daerah yang diabrasi.