Cara Mengurangi Ansietas Pada Pasien Pemfigus Vulgaris

https://www.infokeperawatan.comPenatalaksanaan keperawatan bagi pasien-pasien dengan kelainan kulit bulosa serupa dengan yang dilakukan bagi pasien dengan luka bakar yang luas.

Hal yang kritis dalam penatalaksanaan keperawatan pasien pemfigus adalah terciptanya hubungan saling percaya antara pasien dan perawat. Hal ini mencakup cara perawat mendengarkan, berinteraksi dan memperlihatkan sikap yang hangat serta penuh perhatian.

Pasien memiliki keprihatinan yang dapat dibenarkan dan keprihatinan ini bisa dikurangi kalau tim kesehatan menunjukan reaksi yang tepat.

Pasien harus didorong untuk mengekspresikan perasaan cemas, gangguan kenyamanan dan perasaan keputusasaannya secara bebas. Semua ini diperlukan agar upaya untuk menenteramkan perasaan pasien terlaksana paling efektif.

Perhatian kepada kebutuhan psikologis pasien menuntut kehadiran perawat saat diperlukan, pemberian pelayanan keperawatan yang profesional dan pelaksanaan penyuluhan bagi pasien beserta keluarganya.

Pengaturan agar anggota keluarga dan setiap teman dekatnya untuk lebih banyak mencurahkan waktu mereka bersama pasien dapat menjadi upaya yang bersifat suportif.

Sesudah pasien mendapatkan informasi tentang penyakit dan penanganannya, maka ketidak pastian serta ansietas pasien akan berkurang dan kemampuan pasien untuk berbuat bagi dirinya sendiri semakin bertambah.

Rujukan untuk konseling psikologis dapat membantu pasien dalam mengatasi rasa takut, cemas dan depresi.