Cara Menghadapi Bayi Mulas

https://www.infokeperawatan.comKetika Bayi Anda Mengalami Mulas

Bayi yang mengalami mulas merasa sakit di perutnya dan menangis dengan keras dan menyayat hati. Tangisan ini bisa berakhir dalam beberapa menit atau beberapa jam, biasanya pada waktu yang sama setiap hari.

Penyebab mulas tidak diketahui.

Kadang-kadang bayi yang mengalami mulas tidak akan berhenti menangis walaupun anda telah mencoba hal-hal yang biasa anda lakukan.

Kejadian ini bukanlah kesalahan anda ataupun bayi. Untuk bayi yang mengalami mulas, cobalah beberapa hal berikut ini :

1. Rebahkan bayi diantara lutut, kemudian usap atau tepuk-tepuk punggungnya.

2. Ayun-ayun bayi sebanyak 60 ayunan permenit – bisa dengan menggendongnya sambil berjalan pelan atau gunakan ayunan bayi.

Berjalanlah dengan menyelipkan bayi anda diantara lengan,dengan tangan anda berada dibawah perutnya. Atau tahan bayi anda supaya dia bisa melihat sekeliling.

3. Peganglah bayi anda dengan lengan anda atau dengan menggunakan gendongan yang berada didepan. Penelitian menunjukkan bahwa menggendong bayi berjam-jam lebih lama dapat mengurangi tangisannya.

4. Berikan makan malamnya dengan posisi tubuh tegak bukan rebah. Buat bayi Anda bersendawa untuk membuat udara dari perutmya keluar.

5. Pergilah jalan-jalan naik mobil, taruh bayi anda ditempat duduk khusus bayi dalam mobil.

6. Bernyanyilah atau setel musik yang lembut. Kadang-kadang suara penyedot debu, kipas angin atau radio bisa menenagkan bayi anda.

7. Bicaralah pada dokter anda untuk mengetahui apakah dia mempunyai saran lain.

8. Bersabarlah, kondisi dimana bayi menangis karena mulas biasanya memuncak pada usia 6 minggu dan mulai mereda pada bulan ketiga atau keempat.