Banyak Macam Gangguan Gizi

Banyak macam penyakit gangguan gizi yang sering kali menimpa penduduk utamanya anak balita disebabkan oleh beberapa faktor. Beberapa faktor gangguan gizi tersebut antara lain :

Ketidaktahuan antara hubungan makanan dan kesehatan
Dalam kehidupan masyarakat sehari – hari sering terlihat keluarga yang sungguhpun berpenghasilan cukup akan tetapi makanan yang dihidangkan seadanya saja.

Berprasangka buruk terhadap bahan makanan tertentu
Banyak bahan makanan yang sesungguhnya bernilai gizi tinggi tetapi tidak digunakan atau hanya digunakan secara terbatas akibat adanya prasangkaan yang tidak baik terhadap bahan makanan itu. Penggunaan bahan makanan itu dianggap menurunkan harkat keluarga. Jenis sayuran seperti genjer, daun turi, bahkan daun ubi kayu yang kaya akan zat besi, vitamin A dan protein, di beberapa daerah masih dianggap sebagai makanan yang menurunkan harkat keluarga.

Adanya kebiasaan atau pantangan yang merugikan
Berbagai kebiasaan yang bertalian dengan pantang makan makanan tertentu masih sering kita jumpai terutama di daerah pedesaan. Kebiasaan wanita yang sedang hamil untuk memakan makanan tertentu yang tidak atas larangan dokter, sesungguhnya akan dapat merugikan kesehatan ibu itu sendiri.

Kesukaan yang berlebihan terhadap jenis makanan tertentu
Kesukaan makanan yang berlebihan terhadap suatu jenis makanan tertentu  akan mengakibatkan kurang bervariasinya makanan dan akan mengakibatkan tubuh tidak memperoleh semua zat gizi yang diperlukan.

Keterbatasaan penghasilan keluarga
Tidak dapat disangkal bahwa penghasilan keluarga akan turut menentukan hidangan yang disajikan untuk keluarga sehari – hari, baik kualitas maupun jumlah makanan. Pengetahuan tentang kadar zat gizi dalam berbagai bahan makanan, kegunaan bahan makanan bagi kesehatan keluarga dapat membantu ibu memilih bahan makanan yang harganya tidak begitu mahal akan tetapi nilai gizinya tinggi.

Jarak kelahiran yang terlalu rapat
Banyak hasil penelitian yang membuktikan bahwa banyak anak yang menderita gangguan gizi oleh karena ibunya sudah hamil lagi atau adiknya yang baru telah lahir, sehingga ibunya tidak merawatnya dengan baik.