Asuhan Keperawatan Pada Pasien dengan Akustik neuroma

Definisi
Akustik neuroma adalah tumor non-kanker (jinak) dan biasanya tumbuh lambat yang berkembang pada saraf utama yang menuju dari telinga batin Anda ke otak Anda. Karena cabang saraf ini secara langsung mempengaruhi keseimbangan dan pendengaran, tekanan dari neuroma akustik dapat menyebabkan gangguan pendengaran, dering di telinga Anda dan kegoyangan. Juga dikenal sebagai schwannoma vestibular, neuroma akustik merupakan penyebab umum gangguan pendengaran. Neuroma akustik biasanya tumbuh lambat atau tidak sama sekali, tetapi dalam beberapa kasus mungkin tumbuh pesat dan menjadi cukup besar untuk menekan otak dan mengganggu fungsi vital. Pilihan pengobatan untuk neuroma akustik termasuk pemantauan secara rutin, radiasi dan operasi pengangkatan.

Gejala
Tanda-tanda dan gejala neuroma akustik berkembang dari tumor menekan pada saraf yang berdekatan, atau pembuluh darah di dekatnya atau struktur otak. Sebagai tumor tumbuh, mungkin lebih cenderung menyebabkan tanda dan gejala, meskipun ukuran tumor tidak selalu menentukan efek. Itu mungkin untuk tumor kecil untuk menyebabkan tanda-tanda dan gejala yang signifikan.

Tanda dan gejala termasuk:
• Gangguan pendengaran, biasanya bertahap – meskipun dalam beberapa kasus tiba-tiba – dan yang terjadi hanya pada satu sisi atau lebih diucapkan pada satu sisi
• Nada (tinnitus) di telinga yang terkena dampak
• kegoyangan, kehilangan keseimbangan
• Pusing (vertigo)
• wajah mati rasa dan kelemahan
Dalam kasus yang jarang terjadi, neuroma akustik dapat tumbuh cukup besar untuk menekan batang otak dan mengancam jiwa.

Ketika ke dokter Anda
Temui dokter Anda jika Anda melihat adanya gangguan pendengaran, dering di telinga Anda, atau masalah dengan keseimbangan Anda. Diagnosis awal neuroma akustik dapat membantu menjaga tumor dari tumbuh cukup besar untuk menyebabkan konsekuensi serius, seperti kehilangan pendengaran total atau penumpukan mengancam jiwa cairan dalam tengkorak Anda.

Penyebab
Penyebab neuromas akustik – tumor pada saraf utama yang menuju dari telinga batin Anda ke otak Anda (saraf vestibulocochlear) – tampaknya menjadi gen rusak pada kromosom 22. Biasanya, gen ini menghasilkan protein yang membantu mengontrol pertumbuhan sel Schwann menutupi saraf. Apa yang membuat kerusakan gen ini tidak jelas. Para ilmuwan tahu gen yang rusak diwariskan dalam sekitar setengah kasus neurofibromatosis 2, gangguan langka yang biasanya melibatkan pertumbuhan tumor pada saraf vestibulocochlear pada setiap sisi kepala (neuromas bilateral).

Faktor risiko
Risiko genetik neurofibromatosis 2
Faktor risiko hanya dikenal untuk akustik neuroma adalah memiliki orang tua dengan gangguan genetik langka neurofibromatosis 2, tapi ini hanya menyumbang sebagian kecil kasus. Karakteristik ciri dari neurofibromatosis 2 adalah pengembangan dari tumor jinak pada saraf akustik di kedua sisi kepala Anda, serta pada saraf lainnya.
Neurofibromatosis 2 adalah dikenal sebagai gangguan dominan autosomal, yang berarti terjadi mutasi pada kromosom nonsex (autosom) dan dapat diteruskan dengan hanya satu orangtua (gen dominan). Setiap anak dari orangtua yang terkena memiliki kesempatan 50-50 mewarisi hal itu.
Faktor risiko lain yang mungkin namun belum dikonfirmasi untuk neuroma akustik meliputi:
• Paparan suara keras
• Anak paparan dosis rendah radiasi kepala dan leher
• Sejarah adenoma paratiroid, tumor jinak dari kelenjar paratiroid di leher
• Berat penggunaan telepon selular

Komplikasi
Neuroma akustik dapat menyebabkan berbagai komplikasi, termasuk:
• kehilangan pendengaran permanen
• wajah mati rasa dan kelemahan
• Kesulitan dengan keseimbangan dan gaya berjalan kikuk
Tumor yang besar bisa menekan batang otak Anda, mencegah aliran normal cairan antara otak dan sumsum tulang belakang (cerebrospinal fluid). Dalam hal ini, cairan dapat membangun di kepala Anda (hidrosefalus), meningkatkan tekanan di dalam tengkorak Anda.

Mempersiapkan untuk janji pertemuan Anda
Anda mungkin mulai dengan melihat dokter keluarga Anda atau dokter umum. Dokter Anda mungkin merujuk anda pada spesialis telinga, hidung dan tenggorokan (otolaryngologist), ahli saraf, ahli bedah saraf atau otolaryngologist yang mengkhususkan diri dalam operasi neurologis (neurotologist).
Karena sering ada banyak tanah untuk menutupi selama janji Anda, itu ide yang baik untuk dipersiapkan dengan baik. Berikut beberapa informasi untuk membantu Anda bersiap-siap untuk janji pertemuan Anda, dan apa yang diharapkan dari dokter Anda.

Apa yang dapat Anda lakukan
• Catat setiap gejala yang Anda alami, termasuk yang mungkin tampak tidak berhubungan dengan alasan yang Anda dijadwalkan janji.
• Tuliskan informasi pribadi penting, termasuk tekanan besar atau perubahan kehidupan baru-baru ini.
• Buatlah daftar dari semua obat-obatan, serta setiap vitamin atau suplemen, bahwa Anda mengambil.
• Mintalah anggota keluarga atau teman untuk bergabung dengan Anda, jika mungkin. Kadang-kadang bisa sulit untuk menyerap semua informasi yang diberikan kepada Anda selama janji. Seseorang yang menyertai Anda mungkin ingat sesuatu yang Anda tidak terjawab atau lupa.
• Tuliskan pertanyaan untuk meminta dokter Anda.
Mempersiapkan daftar pertanyaan akan membantu Anda memanfaatkan waktu Anda dengan dokter Anda. Untuk neuroma akustik, beberapa pertanyaan dasar untuk meminta dokter Anda meliputi:
• Apa yang mungkin menyebabkan gejala saya?
• Apakah ada kemungkinan penyebab lain untuk gejala saya?
• Apa jenis tes yang saya butuhkan?
• pilihan pengobatan yang tersedia?
• Mana yang Anda rekomendasikan untuk saya?
• Apa kemungkinan efek samping dari setiap pilihan pengobatan?
• Apa yang terjadi jika saya melakukan apa-apa?
• Apakah ada brosur atau materi cetak lain yang bisa saya bawa pulang dengan saya? Website apa yang Anda sarankan untuk mengunjungi?
Selain pertanyaan-pertanyaan yang Anda sudah siap untuk meminta dokter Anda, jangan ragu untuk bertanya selama janji Anda.

Apa yang harus diharapkan dari dokter Anda
Dokter Anda mungkin meminta Anda sejumlah pertanyaan. Menjadi siap untuk menjawab mereka mungkin cadangan waktu untuk pergi ke poin Anda ingin menghabiskan lebih banyak waktu di. Dokter Anda mungkin bertanya:
• Kapan Anda pertama kali mulai mengalami gejala?
• Apakah gejala Anda telah terus menerus, atau sesekali?
• Seberapa parah adalah gejala Anda?
• Apa, jika ada, tampaknya memperbaiki gejala Anda?
• Apa, jika ada, tampaknya memperburuk gejala Anda?
• Apakah Anda memiliki faktor risiko apapun untuk neuroma akustik?

Tes dan diagnosis
Karena tanda-tanda dan gejala neuroma akustik cenderung berkembang secara bertahap dan karena kehilangan pendengaran, tinnitus dan masalah dengan keseimbangan dapat menjadi indikator menengah lainnya dan masalah telinga bagian dalam, mungkin sulit bagi dokter untuk mendeteksi tumor dalam tahap awal. Neuromas akustik sering ditemukan selama skrining untuk kondisi lain.
Setelah menanyakan pertanyaan-pertanyaan tentang gejala, dokter akan melakukan pemeriksaan telinga dan dapat meminta tes berikut:
• Mendengar tes (audiometry). Selama tes ini dilakukan oleh seorang spesialis pendengaran (audiolog), Anda memakai earphone dan mendengar suara diarahkan ke satu telinga pada suatu waktu. Audiolog ini menyajikan berbagai nada suara berbagai dan meminta Anda untuk menunjukkan setiap kali Anda mendengar suara. Setiap nada diulang pada tingkat samar untuk mencari tahu ketika Anda hampir tidak bisa mendengar. Audiolog juga akan hadir berbagai kata untuk menentukan kemampuan pendengaran Anda.
• Batang otak pendengaran membangkitkan respon (BAER). Tes ini memeriksa pendengaran dan fungsi neurologis. Elektroda pada kulit kepala dan telinga menangkap respon otak Anda untuk mengklik suara yang Anda dengar melalui earphone dan merekam tanggapan pada grafik.
• Electronystagmography (ENG). Tes ini mengevaluasi keseimbangan (vestibular) fungsi dengan mendeteksi gerakan mata yang abnormal berirama (nystagmus) sering hadir dengan kondisi telinga bagian dalam. Ujian ini mengukur gerakan tidak sadar mata Anda sementara menekankan saldo Anda dalam berbagai cara.
• Memindai. Magnetic Resonance Imaging (MRI) atau computerized tomography (CT) scan dari kepala Anda dapat memberikan gambar yang mengkonfirmasi kehadiran neuroma akustik.
Perawatan dan obat-obatan

Ada tiga pilihan untuk mengelola neuroma akustik: pemantauan periodik, radiasi dan operasi pengangkatan.

Pemantauan
Jika Anda memiliki neuroma akustik kecil yang tidak tumbuh atau tumbuh lambat dan menyebabkan sedikit atau tidak ada tanda-tanda atau gejala, anda dan dokter anda dapat memutuskan untuk memantau, terutama jika Anda seorang dewasa yang lebih tua atau sebaliknya tidak calon yang baik untuk pengobatan. Dokter mungkin merekomendasikan bahwa Anda memiliki pencitraan teratur dan tes pendengaran, biasanya setiap enam sampai 12 bulan, untuk menentukan apakah tumor tumbuh dan seberapa cepat. Jika scan menunjukkan tumor tumbuh atau jika tumor menyebabkan gangguan pendengaran yang progresif atau kesulitan lain, Anda mungkin perlu menjalani pengobatan.

Stereotactic radiosurgery
Radiosurgery stereotactic, seperti pisau gamma radiosurgery, memungkinkan dokter untuk memberikan radiasi tepat untuk tumor tanpa membuat sayatan. Dokter melekat headframe ringan untuk kulit kepala mati rasa Anda. Menggunakan pencitraan scan, dokter Anda titik-titik tumor dan kemudian plot mana untuk menerapkan balok radiasi. Tujuan dari radiosurgery adalah untuk menghentikan pertumbuhan tumor. Ini umumnya pilihan jika Anda memiliki tumor kecil atau jika Anda bukan kandidat untuk operasi. Hal ini juga dapat digunakan untuk tumor sisa – bagian dari tumor otak bahwa operasi tradisional tidak dapat menghapus tanpa merusak jaringan otak. Mungkin waktu berminggu-minggu, bulan atau tahun sebelum efek dari radiosurgery menjadi jelas. Dokter akan memantau kemajuan Anda dengan tindak lanjut studi pencitraan dan tes pendengaran. Risiko radiosurgery termasuk gangguan pendengaran, kelemahan wajah dan masalah keseimbangan.

Bedah penghapusan
Ada beberapa teknik untuk menghilangkan neuroma akustik, namun secara umum tujuan pembedahan adalah untuk mengangkat tumor, melestarikan saraf wajah untuk mencegah kelumpuhan wajah dan melestarikan mendengar sebanyak mungkin. Dilakukan selama umum, operasi anestesi untuk neuroma akustik melibatkan menghapus tumor melalui telinga bagian dalam atau melalui insisi dalam tengkorak Anda. Anda mungkin perlu tinggal di rumah sakit dari empat hingga enam hari setelah operasi, dan pemulihan dapat berlangsung enam minggu atau lebih. Bedah dapat membuat komplikasi, termasuk memburuknya gejala, jika saraf tertentu atau struktur tengkorak yang terpengaruh selama operasi. Risiko ini sering didasarkan pada ukuran tumor dan pendekatan bedah yang digunakan:
• Kebocoran cairan serebrospinal melalui luka
• Gangguan pendengaran
• Facial kelemahan
• Nada di telinga
• Saldo masalah
• sakit kepala persisten

Mengatasi dan dukungan
Berurusan dengan kemungkinan gangguan pendengaran dan kelumpuhan wajah dan memutuskan pengobatan yang terbaik untuk Anda bisa menjadi cukup menegangkan. Berikut adalah beberapa saran yang mungkin dapat membantu:
• Mendidik diri sendiri tentang neuroma akustik. Semakin banyak Anda tahu, yang lebih siap Anda akan membuat pilihan yang baik tentang pengobatan. Selain berbicara dengan dokter dan audiolog Anda, Anda mungkin ingin berbicara dengan konselor atau pekerja sosial medis. Atau Anda mungkin merasa perlu untuk berbicara dengan orang lain yang pernah memiliki neuroma akustik dan belajar lebih banyak tentang pengalaman mereka selama pengobatan dan seterusnya.
• Menjaga sistem dukungan yang kuat. Keluarga dan teman-teman dapat sangat membantu Anda saat Anda pergi melalui masa sulit ini. Kadang-kadang, meskipun, Anda mungkin menemukan perhatian dan pemahaman tentang orang lain dengan neuroma akustik terutama menghibur. Dokter atau pekerja sosial medis mungkin dapat menempatkan Anda dalam berhubungan dengan kelompok pendukung. Atau Anda mungkin menemukan kelompok pendukung nyata atau virtual melalui Asosiasi Akustik Neuroma.