Apa Fungsi Ultrasonografi dan Penghitung Sel Endotel

https://www.infokeperawatan.comUltrasonografi

Gelombang suara ultra dapat digunakan untuk mengukur dimensi dan struktur okuler.

Pemindaian ultra sonic dapat digunakan untuk mengukur kedalaman dan bentuk bola mata sebelum pemasangan implant lensa intraokuler sehingga dapat diperoleh refraksi yang tepat.

Pada ultrasonografi, gelombang dengan frekuensi tinggi diemisi dari sebuah tranduser kecil seperti probe diletakkan dimata.

Setelah menghantam jaringan okuler, gelombang suara kemudian memantul dan ditangkap oleh transduser yang sama.

Kemudian dikonversi menjadi pola gelombang dan di tampilkan pada osiloskop. Prosedur ini tidak menimbulkan nyeri namun memerlukan anestesi local.

Setelah dilakukan pengujian, pasien diperingatkan untuk tidak menggosok mata. Ada dua tipe primer ultrason yang digunakan dalam oftalmologi: A-scan dan B-scan.

A-scan-ultrason berguna untuk membedakan antara tumor maligna, mengukur mata untuk pemasangan implant lensa intraokuler (IOL, intraocular lens), dan memantau adanya glaucoma congenital.

B-scan-ultrason berguna untuk mendeteksi dan mencari berbagai struktur dalam mata yang kurang jelas akibat adanya perdarahan katarak, atau opasitas lain.

Hitung sel endotel

Penghitung sel endotel adalah alat fotografik yang dihubungkan ke lampu slit dan menghasilkan bayangan dengan resolusi tinggi terhadap detil morfologi sel endotel: ukuran, bentuk, densitas, dan batas sel,begitu pula badan intersel dan proses patologis.

Merupakan uji praoperatif yang sangat penting untuk mengidentifikasi kerusakan endotel, yang akan meningkatkan resiko komplikasi pasca operasi.