Amankah Mengunyahkan Makanan Untuk Anak?

Amankah Mengunyahkan Makanan Untuk Anak?Aktris beken Alicia Silverstone bikin heboh di internet dengan mengajarkan cara mengunyahkan makanan untuk anak, lalu menyuapkannya langsung dari mulut ke mulut. Namun beberapa ahli memperingatkan, cara ini bisa menularkan bakteri.

Alicia melakukannya agar anak laki-lakinya yang baru berusia 11 bulan, Bear Blu tidak perlu mengunyah sendiri. Maklum, anak seusia ini rahang dan giginya mungkin belum cukup kuat untuk memakan makanan yang terlalu keras sampai benar-benar lunak.

Sepintas, apa yang dilakukan Alicia mirip seperti induk burung yang memberi makan anak-anaknya. Keduanya sama-sama dilakukan secara langsung dari mulut ke mulut, bahkan karena dikunyah dulu sebelum disuapkan maka pasti terjadi kontak cairan tubuh yakni air liur.

Meski ada yang menganggapnya sebagai simbnol kedekatan emosional antara ibu dan anak, rupanya tidak semua ahli kesehatan sependapat. Beberapa pendapat tetap menyebut cara ini berisiko, sebab setiap individu punya komposisi mikroba yang berlainan di mulutnya.

Situs HappyBabyUSA misalnya, dengan tegas mengatakan bahwa orang dewasa memiliki banyak kuman di mulutnya. Jika makanan yang sudah dikunyah orang dewasa disuapkan ke bayi, baka risikonya adalah perpindahan bakteri yang bisa menularkan gigi berlubang.

Sementara itu pimpinan klinik kesehatan BodylogicMD, Dr Jennifer Landa mengatakan makanan yang sudah dikunyah oleh orang dewasa juga bisa terkontaminasi virus herpes. Karena daya tahan tubuh bayi umumnya belum beghitu kuat, maka virus ini sangat mudah ditularkan.

“Sepertinya menyuapkan makanan yang sudah dikunyah orangtua bukan cara yang higienis. Jadi cara semacam ini masih dipertanyakan keamanannya, dan yang jelas ada faktor jijik yang mau tidak mau juga harus dipertimbangkan,” kata Dr Jennifer seperti dikutip dari Foxnews.