Alat Tekan Elastik Pada Pasien Luka Bakar

https://www.infokeperawatan.comLuka akan berada dalam keadaan dinamis selama 11/2 hingga 2 tahun sesudah terjadinya luka bakar. Jika selama periode yang aktif ini dilakukan tindakan yag tepat, maka jaringan parut tidak menjadi kemerahan dan akan melunak.

Daerah luka yang sembuh dan cenderung mengalami pembentukan parut yang hipertrofik mengharuskan pasien untuk mengenakan pakaian tekan. Alat-alat ini terutama berguna bagi luka bakar partial-thickness yang memerlukan waktu 2 minggu untuk sembuh dan juga bagi bagian tepi daerah kulit yang dicangkok.

Pemasangan pemakaian-tekan elastic akan melonggarkan berkas-berkas kolagen dan mendorong arah kolagen yang sejajar dengan permukaan kulit tanpa terbentuknya nodul-nodul dermis. Setelah penekanan ini berlangsung beberapa lama, restrukturisasi kolagen dan penurunan vaskularitas serta selularitas akan terjadi.

Fisioterapis atau petugas yang mewakili perusahaan pembuat pakaian-tekan elastic akan mengukur dahulu tubuh pasien agar dapat dibuat pakaian benar-benar pas.

Sementara menunggu kedatangan pakaian yang khusus itu, verban tekan elastic dapat dipakai untuk membantu menghilangkan sensititasi kulit, melindungi daerah-daerah yang tengah sembuh, memberikan penekanan dan memperlancar aliran balik vena.

Kepada pasien harus dijelaskan tentang pentingnya pelumasan serta perlindungan bagi kulit yang sedang sembuh dan perlunya mengenakan pakaian tekan selama sedikitnya satu tahun sesudah luka bakar.

Suatu program yang mencakup pemakaian pakaian-tekan elastic, bidai dan latihan gerak dibawah pengawasan ahli fisioterapi dan terapi okupasi yang berpengalaman perlu direkomendasikan untuk memberikan hasil kosmetik dan fungsional yang optimal.