Air Bersih dan Suplemen Tambahan

https://www.infokeperawatan.comApakah aman membuat susu bayi saya dengan menggunakan air sumur?

Air dari beberapa sumur pribadi tidak aman untuk bayi. Kadang-kadang air di sekitar satu dalam sepuluh sumur pribadi mengandung bakteri atau mempunyai kandungan nitrat tinggi.

Nitrat menghalangi darah bayi untuk membawa oksigen yang cukup. Ini disebut penyakit “bayi biru”– kulit bayi berubah menjadi biru di sekitar bibir, pipi, jari, kuku tangan dan kuku kaki.

Merebus air tidak membersihkan air dari nitrat atau bahan kimia lainnya.

Anda bisa menguji air sumur Anda.

Tanyakan kepada dinas kesehatan setempat untuk bantuan. Kami juga menganjurkan untuk dilakukan uji untuk melihat keberadaan arsenik, pestisida dan timbal.

Apa yang bisa Anda lakukan bila sumur Anda memiliki kandungan nitrat dan bahan kimia lainnya yang tinggi? Anda mungkin perlu membuat sumur baru atau menggunakan air botolan dari sumber yang aman selama tahun pertama bayi anda.

Suplemen Tambahan

Vitamin dan mineral sangatlah penting, tetapi kebutuhan setiap bayi tidaklah sama satu sama lain. Contohnya, bayi sehat yang diberi ASI membutuhkan tambahan vitamin D ketika ia mencapai usia 2 bulan, tetapi bayi yang diberi susu formula sudah mendapatkan tambahn vitamin D dari susu formulanya.

Terlalu banyak mengkonsumsi vitamin dan mineral dapat sama membahayakannya dengan jika kekurangan.

Maka dari itu sangatlah penting untuk bertanya pada dokter anak Anda untuk saran yang lebih detil terkait suplemen tambahn untuk bayi Anda.