Sel Endoserviks

sel-endoserviksMembahas seputar sel endoserviks artinya kita membicarakan masalah yang ada pada bagian tubuh wanita. Adakah sedikit gambaran Anda tetang kanker serviks serta penyebab wanita mengalami kanker servik?

Melangsir dari situs terpercaya, menyebutkan jika kanker serviks merupakan sel kanker yang tumbuh pada leher rahim atau serviks. Awalnya sel-sel pada leher rahim tumbuh secara normal. Namun, pertumbuhan sel-sel yang tidak normal pada leher rahim inilah yang menyebabkan terjadinya kanker serviks.

Leher rahim adalah bagian bawah rahim (rahim). Hal ini kadang-kadang disebut servik uterus. Tubuh rahim (bagian atas) adalah di mana bayi tumbuh. Serviks ini menghubungkan tubuh rahim ke vagina (jalan lahir). Bagian dari leher rahim paling dekat dengan tubuh uterus disebut endoserviks. Bagian sebelah vagina adalah exocervix (atau ectocervix). 2 jenis utama dari sel meliputi serviks adalah sel skuamosa (di exocervix) dan sel-sel kelenjar (pada endoserviks). Tempat ini 2 jenis sel memenuhi disebut zona transformasi. Kebanyakan kanker serviks dimulai pada zona transformasi.

Kebanyakan kanker serviks dimulai dalam sel yang melapisi serviks. Sel-sel ini tidak tiba-tiba berubah menjadi kanker. Sebaliknya, sel-sel normal dari leher rahim yang pertama secara bertahap mengembangkan perubahan pra-kanker yang berubah menjadi kanker. Dokter menggunakan beberapa istilah untuk menggambarkan perubahan pra-kanker, termasuk intraepithelial neoplasia serviks (CIN), lesi squamous intraepithelial (SIL), dan displasia. Perubahan ini dapat dideteksi dengan tes Pap dan diobati untuk mencegah perkembangan kanker.

Kanker serviks dan serviks pra-kanker diklasifikasikan berdasarkan bagaimana mereka lihat di bawah mikroskop. Ada 2 jenis utama kanker serviks: karsinoma sel skuamosa dan adenokarsinoma. Sekitar 80% sampai 90% dari kanker serviks adalah karsinoma sel skuamosa. Kanker ini dari sel-sel skuamosa yang menutupi permukaan exocervix tersebut. Bawah mikroskop, kanker jenis ini terdiri dari sel-sel yang seperti sel-sel skuamosa. Karsinoma sel skuamosa yang paling sering mulai di mana exocervix yang bergabung endoserviks.

Sebagian besar kanker serviks lainnya adalah adenocarcinoma. Adenokarsinoma serviks tampaknya telah menjadi lebih umum pada 20 sampai 30 tahun terakhir. Adenokarsinoma serviks berkembang dari lendir-sel yang memproduksi kelenjar endoserviks. Secara umum, kanker serviks memiliki fitur dari kedua karsinoma sel skuamosa dan adenokarsinoma. Ini disebut karsinoma adenosquamous atau karsinoma campuran.

Meskipun kanker serviks mulai dari sel dengan perubahan pra-kanker (pra-kanker), hanya beberapa wanita dengan pra-kanker leher rahim akan menderita kanker rahim. Perubahan dari serviks pra-kanker untuk kanker serviks biasanya membutuhkan beberapa tahun, tetapi bisa terjadi dalam waktu kurang dari setahun. Bagi kebanyakan wanita, pra-sel kanker akan pergi tanpa pengobatan apapun. Namun, pada beberapa wanita pra-kanker berubah menjadi benar (invasif) kanker. Mengobati semua pra-kanker dapat mencegah hampir semua kanker yang benar. Perubahan pra-kanker dan jenis tertentu pengobatan untuk pra-kanker dibahas dalam bagian lain di posting mendatang.

Meskipun hampir semua kanker serviks yang baik karsinoma sel skuamosa atau adenokarsinoma, kanker jenis lain juga dapat berkembang di leher rahim. Jenis-jenis lainnya, seperti melanoma, sarkoma, dan limfoma, terjadi lebih sering pada bagian lain dari tubuh.