Filosofi Keperawatan Anak

1.Perawatan Berfokus pada anak

Keluarga merupakan unsur penting dalam perawatan anak, mengingat anak bagian dari keluarga. Kehidupan anak dapat ditentukan oleh lingk klg, utk itu kep anak harus mengenal keluarga sebagai tempat tinggal atau sebagai konstanta tetap dalam kehidupan anak (Wong, perry, 2002). Perawat yang bertindak sebagai pemberi pelayanan kep hendaknya berfokus pada keluarga, dgn memperhatikan kemampuan dalam menentukan kekuatan dan kelemahan untuk dijadikan acuan dalam pemberian pelayanan keperawatan. Untuk itu dalam pemberian askep diperlukan keterlibatan klg. Hal ini sangat penting , mengingat anak selalu membutuhkan ortu selama di rumah sakit. Perawat dgn menfasilitasi keluarga dapat membantu proses penyembuhan pada anak yang sakit selama di rumah sakit.

2. Atraumatic Care

Atraumatic Care adalah perawatan yang tidak menimbulkan adanya trauma pada anak dan keluarga. AC sebagai bentuk perawatan terapeutik dapat diberikan kepada anak dan kelurga dgn mengurangi dampak psikologis dari tindakan keperawatan yang diberikan, seperti memperhatikan dampak tindakan yang diberikan dgn melihat prosedur tindakan yang kemungkinan berdampak adanya trauma. Untuk mencapai perawatan ada bbrp prinsip yang dapat dilakukan oleh pr antara lain :

a. Menurunkan atau mencegah dampak perpisahan dari klg.

b. Meningkatkan kemampuan ortu dlm mengontrol perawatan pada anak.

c. Mencegah atau mengurangi cedera dan nyeri

d. Tidak melakukan kekerasan pada anak.

e. Modifikasi lingkungan fisik.

3. Manajemen Kasus

Pengelolaan kasus secara komprehensif adalah bagian utama dlm pemberian askep secara utuh, mlli upaya pengkajian, penentuan diagnosis, perencanaan, pelaksnaan , dan evaluasi dari berbagai kasus baik akut m/p kronis. Kemampuan perawat dlm mengelola kasus secara baik tentu berdampak dalam proses penyembuhan pada anak, mengingat anak memilki kebutuhan yang spesifik dan berbeda satu dgn yg lain. Keterlibatan ortu dlm pengelolaan kasus sangat dibutuhkan, krn proses perawatan dirumah adalah bagian tanggung jawabnya dgn meneruskan program di rs.





Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *