Cara Tradisional Mengobati Penyakit Asam Urat

INFOKEPERAWATAN.COM – Asam urat adalah penyakit yang menyerang pada bagian persendian, terutama pada sendi jari kaki, jari tangan, tumit, dengkul, siku dan pergelangan tangan. Penyakit asam urat dapat menimbulkan rasa nyeri yang teramat sangat sakit dan hebat. Bahkan, bagian yang diserang tampak bengkak dan meradang.

Cara Tradisional Mengobati Penyakit Asam Urat Tinggi

Namun, tidak semua rasa nyeri di persendian bisa disebut dengan penyakit asam urat. Biasanya, asam urat akan menyerang seseorang yang berusia lanjut.

Untuk wanita, penyakit ini menyerang ketika memasuki usia menopause sedangkan bagi pria, penyakit ini menyerang ketika berusia 40 tahun ke atas. Selain itu, biasanya orang yang menderita penyakit ini memiliki penyakit lainyya juga seperti penyakit ginjal, diabetes dan hipertensi.

Asam urat adalah Kristal-kristal yang terbentuk sebagai manifestasi metabolisme zat purin. Zat purin adalah zat yang terkandung di setiap bahan  makanan yang berasal dari makhluk hidup seperti daging, buah, sayur dan kacang.

Zat purin yang terkandung pada makanan tersebut akan berpindah ke dalam tubuh. Makanan tersebut nantinya akan diolah melalui proses metabolisme di dalam tubuh dan menghasilkan asam urat.

Cara Tradisional Mengobati Penyakit Asam Urat Tinggi

Setiap orang kadar asam uratnya berbeda-beda. Jika kadarnya berlebihan maka ginjal tidak akan mampu mengeluarkannnya sehingga membuat mengkristal di persendian dan menyebabkan bengkak dan nyeri. Oleh karena itu, kesehatan ginjal perlu dijaga baik-baik.

Namun, bagaimana jika penyakit asam urat sudah terlanjur menyerang? Gunakan ramuan-ramuan tradisional berikut ini.

Cara Mengobati Penyakit Asam Urat

Ada banyak ramuan tradisional yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit asam urat tinggi. Ramuan pertama adalah dengan menggunakan buah sirsak atau madu.

Sirsak bisa dimakan langsung atau dibuat sebagai jus. Adapun madu, bisa dikonsumsi langsung. Selain buah sirsak dan madu, ada juga bahan yang bisa digunakan sebagai bahan ramuan, yaitu jahe merah dan daun kumis kucing.

Cara Tradisional Mengobati Penyakit Asam Urat Tinggi

Cara membuat ramuan menggunakan kedua bahan tersebut adalah dengan cara merebusnya. Setelah itu, air rebusan bekas daun kumis kucing dan jahe merah tersebut bisa diminum dengan dosis dua kali sehari, yaitu pada waktu pagi hari dan malam hari.

Cara yang terakhir adalah dengan menggunakan sambiloto atau brotowali. Untuk brotowali, kamu bisa langsung mengonsumsinya. Brotowali dikenal sebagai obat untuk berbagai macam penyakit termasuk asam urat. Brotowali juga bisa menormalkan tekanan darah tinggi dan menyembuhkan diabetes.

Sedangkan sambiloto berkhasiat untuk mencegah peradangan dan mengurangi rasa nyeri. Sambiloto mengandung zat flavanoid, alkane, keton, dan aldehid mineral seperti kalsium, kalium dan natrium.

Cara membuat ramuan berbahan sambiloto adalah dengan cara merebus sambiloto yang sudah dikeringkan kemudian airnya bisa diminum secara teratur. Lakukan secara rutin hingga kadar asam urat Anda menjadi normal kembali.

***

Ternyata banyak juga tanaman obat di sekitar kita yang bisa digunakan untuk membuat ramuan tradisional sehingga bermanfaat untuk mengobat berbagai macam penyakit, termasuk penyakit asam urat ini. Nah, selamat mencobanya dan semoga bermanfaat.