Cara Tradisional Mengatasi Penyakit Kulit

INFOKEPERAWATAN.COM – Penyakit kulit adalah salah satu penyakit yang cukup banyak diderita oleh masyarakat. Beberapa jenis penyakit kulit seperti penyakit koreng, kadas dan kudis adalah penyakit yang cukup mengganggu dan memalukan.

Penyakit koreng adalah penyakit berupa luka bernanah dan berbau busuk sehingga mengganggu orang-orang di sekitarnya. Apalagi rasa gatal yang muncul pun cukup mengganggu.

Cara Tradisional Mengatasi Penyakit Kulit

Sedangkan penyakit kadas adalah penyakit yang muncul dalam bentuk bercak-bercak merah. Penyakit ini disebabkan oleh jamur. Adapun kudis adalah penyakit yang disebabkan oleh tungau. Saat ini, telah terdapat berbagai macam cara mengobati penyakit kulit, baik dengan cara tradisional maupun kimia.

Untuk kali ini, saya akan memaparkan cara mengobati penyakit kulit dengan cara tradisional. Untuk masalah kulit seperti koreng, kudis, gatal, kadas eksim, dan lainnya, kita bisa mengatasinya dengan ramuan tradisional tertentu.

Yang pertama adalah dengan menggunakan lengkuas yang masih segar dan bubuk belerang. Caranya dengan memotong salah satu ujung lengkuas kemudian dicelupkan pada bubuk belerang kemudian oleskan pada kulit yang terkena panu atau kadas.

Cara ini bisa dilakukan secara teratur dengan dosis 2 kali sehari. Tips yang kedua dengan menggunakan daun tembakau. Ramuan ini bermanfaat untuk kulit yang terkena penyakit kadas.

Caranya dengan menumbuk daun tembakau hingga halus dan dioleskan pada kulit yang terkena kadas dengan dosis dua kali sehari. Selain menggunakan daun tembakau, mengobati penyakit kadas bisa juga dengan menggunakan batang brotowali.

Batang brotowali sebanyak tiga batang dan belerang sebesar kemiri ditumbuk hingga halus. Setelah haus, remas dengan minya kelapa dan oleskan pada kulit yang terkena kadas dua kali sehari.

Mengatasi Penyakit Panu

Untuk mengobati penyakit panu, kamu bisa menggunakan lima lembar daun jinten, tiga butir bawang putih dan minyak kelapa. Caranya adalah dengan menumbuk halus kedua bahan tersebut kemudian dicampurkan dengan minya kelapa hingga merata. Setelah merata, ramuan bisa digosokkan pada kulit yang terkena panu dengan dosis dua kali sehari.

Adapun untuk mengobati penyakit kurap, kamu bisa menggunakan 500 mg kayu bidara laut, 3 gram daun ketepeng dan 4 gram rimpang kunyit. Cara membuatnya sangatlah mudah. Cukup merebus ketiga bahan tersebut dengan mengguanakn 110 ml air hinggai mendidih.

Setelah mendidih tunggu hingga air rebusan dingin. Ramuan bisa digunakan untuk mengompres bagian kulit yang terkena kurap. Yang perlu diingat adalah ramuan harus diperbaharui setiap tiga jam. Cukup merepotkan tapi tidak ada yang sulit jika kesembuhan yang kita inginkan. Kulit yang sehat adalah kulit yang halus lembut dan bebas penyakit.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!